Tokoh Internasional Ramai-ramai Dukung Aksi Protes Petani India

Jum'at, 05 Februari 2021 - 01:33 WIB
loading...
Tokoh Internasional Ramai-ramai Dukung Aksi Protes Petani India
Sejumlah tokoh internasional termasuk penyanyi, aktivis dan tokoh politik memberikan dukungan kepada aksi demonstrasi petani India. Foto/France24
A A A
WASHINGTON - Sejumlah tokoh internasional termasuk penyanyi dan aktivis memberikan dukungan kepada aksi demonstrasi yang dilakukan oleh petani India terhadap undang-undang pertanian baru. Selebritas termasuk penyanyi Rihanna , aktivis perubahan iklim Greta Thunberg , pengacara dan aktivis AS Meena Harris yang juga keponakan Wakil Presiden Kamala Harris telah menyuarakan dukungannya kepada para petani India dalam postingannya di media sosial.

Adalah penyanyi pop asal Amerika Serikat (AS), Rihanna, yang awalnya men-tweet tentang aksi protes petani India yang sedang berlangsung di India.

"Mengapa kita tidak membicarakannya?" mengacu pada demonstrasi petani di India bersama dengan tagar #FarmersProtest.

Tweet Rihanna, yang mempunyai lebih dari 100 juta pengikut, sontak menarik banyak dukungan global.



Tweet Rihanna ini pun disambut oleh iklim asal Swedia Greta Thunberg, pengacara dan aktivis AS Meena Harris, keponakan Wakil Presiden Kamala Harris. Ada juga Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau hingga aktor John Cusack juga mengalihkan perhatian mereka ke masalah ini.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan Protes #Farmers di India," tulis Thunberg seperti dikutip dari DW, Jumat (5/2/2021).

Sedangkan Meena Harris menulis: "Kita SEMUA harus marah dengan penutupan internet India dan kekerasan paramiliter terhadap pengunjuk rasa petani," menghubungkan respon pemerintah India dengan meningkatnya fasisme di seluruh dunia.

Sedangkan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau adalah salah satu dari sedikit kepala negara yang telah menyatakan dukungannya untuk aksi protes petani India. Pada Desember 2020, Trudeau menggambarkan situasinya sebagai "mengkhawatirkan". Kementerian Luar Negeri India lantas mengatakan bahwa pernyataan Trudeau adalah campur tangan yang tidak dapat diterima dalam urusan dalam negeri India.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)