Israel dan Kosovo Resmikan Hubungan Diplomatik dalam Upacara Virtual

Selasa, 02 Februari 2021 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Hanya dua negara, Amerika Serikat dan Guatemala yang memiliki kedutaan besar di Yerusalem. Negara lainnya, termasuk Malawi dan Honduras, telah berjanji memindah kedutaannya ke Yerusalem.

Status Yerusalem adalah salah satu rintangan terberat untuk kesepakatan damai antara Israel dan Palestina.

Palestina menginginkan Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967, sebagai ibu kota mereka.

“Upacara penandatanganan tersebut termasuk pembukaan plakat peringatan yang akan dipasang di pintu masuk kedutaan Kosovo di Yerusalem setelah pembukaan kedubes,” papar Kementerian Luar Negeri Israel.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Kosovo Meliza Haradinaj-Stublla mengatakan Kosovo dan Israel memiliki ikatan bersejarah. "Kosovo dan Israel telah menyaksikan jalan yang panjang dan menantang untuk eksis sebagai bangsa dan menjadi negara," papar dia.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, hampir satu dekade setelah pemberontakan gerilya oleh mayoritas etnis Albania.

Haradinaj-Stublla mengatakan Kosovo telah menerima dukungan untuk perjanjian tersebut dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price memuji Israel dan hubungan baru dengan Kosovo.

"Hubungan internasional yang lebih dalam membantu perdamaian dan stabilitas lebih lanjut di Balkan dan Timur Tengah," tweet Price.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)