Israel dan Kosovo Resmikan Hubungan Diplomatik dalam Upacara Virtual

Selasa, 02 Februari 2021 - 22:49 WIB
loading...
Israel dan Kosovo Resmikan Hubungan Diplomatik dalam Upacara Virtual
Menlu Israel Gabi Ashkenazi dan Menlu Kosovo Meliza Haradinaj-Stublla menghadiri upacara virtual di Yerusalem. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel dan Kosovo secara resmi menjalin hubungan diplomatik melalui upacara virtual karena krisis virus corona.

Hubungan itu dibuat dalam kesepakatan yang dimediasi Amerika Serikat (AS). Kosovo merupakan negara mayoritas Muslim yang berjanji membuka kedutaan besar (kedubes) di Yerusalem.

Israel melihat hubungan barunya dengan negara Balkan itu sebagai bagian dari normalisasi yang lebih luas dengan negara-negara Arab dan Muslim dalam perjanjian yang disponsori mantan Presiden AS Donald Trump.



Trump mengumumkan hubungan kedua negara pada September sebagai kesepakatan sampingan dari perjanjian ekonomi antara Kosovo dan Serbia.

Lihat infografis: Nasib Suu Kyi: Bintang Demokrasi, Tutup Mata Genosida Rohingya

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Serbia yang memiliki hubungan dengan Israel juga setuju membuka kedutaan besar di Yerusalem.

Lihat video: Rekam Kudeta Militer Pakai Musik Bang Jago, Dapat Senyum Kepala Polisi

Selama upacara penandatanganan yang diadakan melalui konferensi video Zoom, Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel Gabi Ashkenazi mengatakan hubungan baru itu "bersejarah" dan "mencerminkan perubahan di kawasan, dan dalam hubungan Arab (dan) dunia Muslim dengan Israel."

Ashkenazi mengatakan dia telah menerima permintaan resmi dari Kosovo untuk mendirikan kedutaan besar di Yerusalem, yang diharapkan para pejabat Israel akan dibuka pada akhir Maret.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)