Kapal Induknya Jadi Target Simulasi Serangan 13 Pesawat China, Ini Respons AS

Sabtu, 30 Januari 2021 - 12:49 WIB
loading...
Kapal Induknya Jadi Target Simulasi Serangan 13 Pesawat China, Ini Respons AS
Kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Rombongan 13 pesawat tempur , termasuk pembom berkemampuan nuklir, China melakukan simulasi serangan terhadap kelompok tempur kapal induk USS Theodore Roosevelt Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Militer Amerika mengecam kegiatan militer Beijing, namun menegaskan bahwa kapal induknya tidak terancam.

Baca Juga: Panglima TNI: Pandemi Covid-19 Belum Terkendali

Simulasi serangan itu berlangsung Sabtu pekan lalu di dekat Taiwan, yakni ketika rombongan belasan pesawat tempur Beijing menerobos zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Simulasi itu terungkap dari percakapan kokpit dari pilot pembom China yang didengar intelijen Amerika sebagaimana dilaporkan Financial Times pada Jumat kemarin.



"Orang-orang yang mengetahui informasi intelijen yang dikumpulkan oleh AS dan sekutunya mengatakan para pembom dan beberapa pesawat tempur yang terlibat sedang melakukan latihan yang menggunakan sekelompok kapal Angkatan Laut AS yang dipimpin oleh kapal induk USS Theodore Roosevelt di area yang sama dengan target simulasi," tulis media tersebut dalam laporannya.

"Pilot pembom H-6 dapat didengar dalam percakapan kokpit mengonfirmasikan perintah untuk simulasi penargetan dan pelepasan rudal anti-kapal terhadap kapal induk," lanjut laporan tersebut yang dilansir The Aviationist, Sabtu (30/1/2021).

Baca Juga: Karpet Merah Khabib Nurmagomedov, FC Kamaz: Selamat Bergabung!

Komando Indo-Pasifik (INDOPACOM) AS mengkritik kegiatan militer China di Laut China Selatan dan di Laut China Timur, tetapi menekankan bahwa pasukan Beijing tidak menimbulkan ancaman terhadap aset militer AS yang dikerahkan ke wilayah tersebut, termasuk kapal induk USS Theodore Roosevelt.
Baca Juga: Jutawan Kanada dan Istri Cantiknya Menyamar demi Peroleh Vaksin COVID-19

"Kelompok Tempur Kapal Induk Theodore Roosevelt memantau dengan cermat semua aktivitas Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) dan Angkatan Udara (PLA-AF), dan tidak pernah menjadi ancaman bagi kapal, pesawat, atau pelaut Angkatan Laut AS," kata juru bicara INDOPACOM, Kapten Angkatan Laut Mike Kafka, dalam sebuah pernyataan Jumat malam yang dilansir Sputniknews, Sabtu (30/1/2021).
Baca Juga: Perusahaan China Ini Dicurigai Hendak Mengoleksi DNA Orang-orang AS

Dia juga menggambarkan aktivitas China yang semakin intensif di wilayah tersebut sebagai contoh terbaru dari tindakan agresif dan destabilisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)