10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah

Sabtu, 30 Januari 2021 - 07:29 WIB
loading...
10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
A A A
JAKARTA - Dari zaman kuno hingga hari ini keamanan dan perlindungan terhadap tokoh penting dan berpengaruh
maupun orang kaya telah menjadi masalah yang sangat sensitif. Setiap kaisar, raja, pengusaha yang kuat, dan seorang presiden, dalam sejarahnya sangat menyadari fakta bahwa ada serangkaian bahaya mengintai di sekitar mereka seperti penyerangan, penculikan, pembunuhan dan pelecehan.

Baca Juga: Terungkap, Polisi China Lakukan Pemantauan Ekstensif Aktivitas Muslim Uighur

Berbekal hal itu mulailah bermunculan unit-unit pengawal yang terdiri dari orang-orang terpilih dan terbaik. Dari keberadaan unit pengawal hingga hari ini setidaknya ada 10 unit pasukan pengawal yang dinilai bekerja sangat efektif. (Baca: Hukum Unik di Dunia, dari Larangan Meludah hingga Dilarang Gendut)

1. The Musketeers of the Guard, Prancis

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Tidak diragukan lagi unit pengawal bernama lengkap The Musketeers of the military Household of the
King of France ini adalah unit pengawal paling terkenal dalam sejarah. Profil unit pengawal ini menjadi terkenal dalam budaya pop melalui novel dan beberapa film laris Hollywood.

Baca Juga: Jalan Panjang 10 Tokoh Politik Dunia Demi Kebebasan Negaranya

Henri d'Aramitz, Isaac de Porthau, Armand d'Athos, dan mungkin yang paling terkenal dari semuanya, Comte d'Artagnan, yang melayani Louis XIV sebagai kapten Musketeers of the Guard, adalah inspirasi utama salah satu novel terlaris yang pernah ada, The Three Musketeers oleh Alexandre Dumas.

2. Schutzstaffel (SS), Nazi Jerman

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Adolf Hitler adalah orang paling dibenci pada masanya dan sangat menyadari akan hal itu sehingga dia memastikan memiliki pengawal terbaik yang menjaganya. Schutzstaffel, lebih dikenal sebagai SS, dan yang berarti "Skuadron Perlindungan" atau "Korps Pertahanan", adalah organisasi paramiliter yang akan melakukan apa pun untuk melindungi ideologi dan tujuan Hitler dan Partai Nazi.

Di bawah kepemimpinan Heinrich Himmler dari 1925 hingga 1945, Schutzstaffel melakukan kejahatan yang tak terhitung jumlahnya terhadap kemanusiaan sementara pada saat yang sama melindungi dan menyelamatkan Hitler dari berbagai upaya pembunuhan. (Baca juga: Bikin Ciut Nyali Musuh, Ini Senapan Sniper Paling Mematikan di Dunia)

3. Pengawal Praetorian, Kekaisaran Romawi

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Para jenderal tentara Romawi membentuk Pengawal Praetorian dengan memilih beberapa orang terpilih
dari pejabat berpangkat tertinggi yang telah membuktikan keberanian dan keterampilan mereka dalam pertempuran. Beberapa orang terpilih ini adalah pengawal pribadi para jenderal di saat pertempuran maupun di masa biasa. Akhirnya, kaisar Romawi mengetahui rahasia kebiasaan ini dan adalah kaisar pertama Kekaisaran Romawi, Augustus, yang secara resmi mendirikan Pengawal Praetorian pada 27 SM sebagai pengawalnya.

Baca Juga: Khabib Dipuji Setinggi Langit, Gaethje: Dia Sangat Kuat..Sangat Kuat

4. 300 Hoplites, Kerajaan Yunani Kuno Sparta

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Bertentangan dengan kepercayaan populer dan apa yang dipercayai oleh banyak orang terutama karena film 300, unit elit tentara Spartan memiliki peran ganda: satu untuk berperang di garis depan dalam perang yang melibatkan Sparta dan tugas lainnya adalah untuk melindungi raja mereka seperti pengawal umum. Sparta adalah salah satu kota-negara Yunani pertama yang memiliki dua raja, satu pergi berperang dan memimpin tentara serta lainnya yang tinggal di Sparta untuk memimpin negara.

5. Pengawal Ratu, Inggris

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Tidak diragukan lagi, The Queen’s Guard atau Queen’s Life Guard adalah salah satu unit pengawal paling terkenal di seluruh dunia dan dalam sejarah. Sejak didirikan pada abad ke-16 oleh Charles II yang memilih dua tim Pengawal Kuda dan Penjaga Kaki dari Angkatan Darat Inggris untuk menjaga istana kedaulatan, mereka telah menjaga kediaman kerajaan dengan sukses besar dan terlepas ada beberapa orang melakukan kesalahan. Menurut Angkatan Darat Inggris, Pengawal Ratu terdiri dari tentara yang beroperasi penuh dan terlatih dengan baik.

6. The Immortals, Kerajaan Persia

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Kekuatan elit yang bertempur untuk Kekaisaran Persia Pertama (juga dikenal sebagai Kekaisaran Achaemenid) juga berfungsi melindungi raja. Herodotus menyebut mereka "Dewa" selama Perang Yunani-Persia karena ukuran badannya sangat besar, berjumlah hingga 10.000 tentara, dan keterampilan bertarungnya luar biasa, sampai-sampai sejarawan percaya bahwa mereka tidak mungkin dikalahkan. (Baca juga: 10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia)

7. Garda Swiss, Kota Vatikan

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Negara Swiss saat ini terkenal karena kekayaan, bank, dan keju. Padahal pada abad ke-16, Swiss adalah negara sangat miskin, penghasil pemuda tangguh yang kemudian menjadi resimen tentara bayaran dan dianggap sebagai yang terbaik di dunia pada saat itu dan bertugas sebagai unit Pasukan Khusus dalam banyak perang dan untuk pasukan berbeda termasuk Prancis dan Spanyol. Pengawal Swiss Kepausan yang sekarang berlokasi di Kota Vatikan didirikan pada 1506 dan menjadi salah satu unit pengawal paling terkenal di dunia.

8. Fedayeen, Irak

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Fedayeen selama masa jayanya tanpa diragukan lagi merupakan unit pengawal tangguh di dunia dengan
beranggotakan sekitar 40.000 pasukan elit dengan kemampuan terbaik secara lebih spesifik terbaik dalam membunuh musuh. Didirikan beberapa tahun setelah Perang Teluk pertama oleh putra tertua Saddam Hussein, Uday, tujuan utama organisasi paramiliter Fedayeen adalah untuk melindungi Saddam.

9. Kheshig, Kekaisaran Mongol

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Tujuan utama di balik dibentuknya Kheshig adalah untuk menjaga kaisar dan keluarga. Unit pengawal ini dibagi menjadi dua regu, yakni penjaga bertugas siang dan satpam malam. Mereka tidak bertempur seperti tentara Mongolia pada umunya melainkan tetap tinggal di istana menjaga istri kaisar, anak-anak, dan seluruh keluarga kaisar. Komandan atasan Kheshig disebut Cherbi dan dia biasannya adalah orang yang mengetahui rahasia paling gelap kaisar dan juga rahasia kekaisaran. (Baca juga: 9 Anak Bau Kencur Pendobrak Perubahan di Dunia)

10. Pengawal Leib, Kekaisaran Rusia

10 Unit Pengawal Khusus Paling Efektif dan Berani Dalam Sejarah


Pengawal Leib adalah unit militer Angkatan Darat Rusia yang terampil dan terlatih luar biasa bertugas selama bertahun-tahun sebagai pengawal pribadi kaisar Rusia. Cikal bakal unit pengawal ini dimulai pada 1690-an ketika Peter the Great memutuskan untuk memodernisasi hampir semua hal di Rusia, termasuk pengawal penguasa Rusia yang sebelumnya dikenal sebagai Streltsy. Dia menggantinya dengan pasukan lebih maju dan sangat terlatih yang dipilihnya sendiri.

Sumber: www.25list.com
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)