AS Keluarkan Peringatan Terorisme Nasional

Kamis, 28 Januari 2021 - 02:23 WIB
loading...
AS Keluarkan Peringatan Terorisme Nasional
AS mengeluarkan peringatan terorisme nasional karena adanya potensi ancaman dari ekstrimis anti pemerintah. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) Amerika Serikat (AS) mengumumkan peringatan terorisme nasional pada Rabu waktu setempat. Hal itu mengutip potensi ancaman dari ekstrimis anti-pemerintah domestik yang menentang Joe Biden sebagai presiden.

“Informasi menunjukkan bahwa beberapa kekerasan ekstremis bermotivasi ideologis dengan keberatan terhadap pelaksanaan otoritas pemerintah dan transisi presiden, serta keluhan yang dirasakan lainnya yang dipicu oleh narasi palsu, dapat terus bergerak untuk menghasut atau melakukan kekerasan,” kata departemen itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (28/1/2021).

Buletin Sistem Penasihat Terorisme Nasional mengatakan ancaman serangan yang meningkat akan bertahan dalam beberapa minggu setelah pelantikan presiden yang berlangsung pada 20 Januari berakhir dengan sukses.



“DHS tidak memiliki informasi untuk menunjukkan plot yang spesifik dan kredibel,” katanya.

"Namun, kerusuhan dengan kekerasan terus berlanjut dalam beberapa hari terakhir dan kami tetap khawatir bahwa individu yang frustrasi dengan pelaksanaan otoritas pemerintah dan transisi presiden dapat terus memobilisasi berbagai aktor yang bermotivasi ideologis untuk menghasut atau melakukan kekerasan," sambung pengumuman itu.

Peringatan itu mengatakan telah ada ancaman yang meningkat sejak tahun lalu dari ekstremis kekerasan domestik yang dimotivasi oleh pembatasan COVID-19, kekalahan Biden atas Donald Trump dalam pemilihan presiden pada November lalu, kebrutalan polisi, dan imigrasi ilegal.



DHS mengatakan motivasi ini dapat tetap ada selama beberapa bulan mendatang dan bahwa serangan 6 Januari lalu oleh pendukung Trump di Kongres dapat membuat para ekstremis menargetkan pejabat terpilih dan fasilitas pemerintah.

Lebih dari 150 orang, termasuk anggota kelompok ekstremis bersenjata, telah ditangkap sejak serangan ke Gedung Capitol, yang dicap sebagai pemberontakan.

DHS mendesak masyarakat untuk melaporkan aktivitas mencurigakan dan ancaman kekerasan.

(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)