Eks Diplomat Amerika: AS Curi Minyak Suriah, Diduga Dikirim ke Israel

Senin, 25 Januari 2021 - 06:48 WIB
loading...
Eks Diplomat Amerika: AS Curi Minyak Suriah, Diduga Dikirim ke Israel
Pasukan Amerika Serikat berkonvoi di perbatasan Suriah-Irak di Dohuk, Irak. Foto/REUTERS/Ari Jalal/File Photo
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang mencuri minyak Suriah untuk dikirim ke tempat lain, termasuk kemungkinan ke Israel , yang akan mendapat keuntungan dari pencurian tersebut. Mantan diplomat AS di Arab Saudi, J. Michael Springmann, mengungkap praktik tersebut.

"Amerika Serikat sedang memindahkan tentara dari Irak, yang didudukinya, ke Suriah, yang terus diduduki, untuk mencuri minyak Suriah dari rakyat Suriah dan untuk mengirim minyak ke tempat lain, mungkin ke entitas apartheid (Israel) dan tempat lain yang akan mendapat keuntungan dari pencurian minyak Suriah oleh Amerika," katanya yang dikutip stasiun televisi Iran dan dilansir Sputniknews, Senin (25/1/2021).



Springmann merupakan kepala biro visa Amerika di Jeddah, Arab Saudi, selama pemerintahan mantan presiden Reagan dan Bush dari September 1987 sampai Maret 1989. Dia membuat komentar khusus soal laporan bahwa militer AS telah memindahkan ratusan pasukan dari Irak ke provinsi Hasakah yang kaya energi di Suriah.

"Ini adalah ciri khas AS dan harus ditunjukkan secara kontras dengan 25.000 tentara yang mengelilingi Joe Biden ketika dia dilantik, hanya beberapa hari yang lalu," ujarnya.

Jaringan televisi pemerintah Suriah melaporkan sebelumnya bahwa 200 tentara telah diterbangkan ke pangkalan Amerika di kota al-Shaddadi dengan helikopter pada 21 Januari. Kota itu terletak sekitar 60 kilometer di selatan ibu kota provinsi Hasakah, tempat koalisi militer pimpinan AS telah mengirimkan 40 truk senjata dan peralatan logistik.

Menurut laporan tersebut, pasukan tersebut kemudian ditempatkan di ladang minyak Omar dan ladang gas Koniko di provinsi Deir ez-Zor, sebagai bagian dari langkah berkelanjutan Washington yang bertujuan untuk merebut kendali lebih lanjut atas cadangan minyak di Suriah.

Mantan diplomat Amerika itu mengecam apa yang dia gambarkan sebagai "pendekatan salah arah pada kebijakan luar negeri" AS.

"Mereka takut dengan apa yang mungkin terjadi pada presiden mereka, karena tindakannya dan tindakan Partai Demokrat, dan serangan serta pendudukan negara asing di seluruh dunia," katanya, merujuk pada tingginya jumlah polisi pada Hari Pelantikan Biden pada 20 Januari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)