Israel Serang Suriah Setelah Pompeo Bertemu Bos Mossad

Kamis, 14 Januari 2021 - 12:14 WIB
loading...
A A A
Korban tewas tidak dapat diverifikasi secara independen. Jika dikonfirmasi, itu akan menjadikannya salah satu serangan Israel paling mematikan di Suriah selama 10 tahun terakhir.

"Mereka membakar posisi Iran di Deir el-Zour," kata Omar Abu Laila, seorang aktivis yang berbasis di Eropa dari provinsi Deir el-Zour timur Suriah yang menjalankan sebuah kolektif aktivis yang melaporkan berita di daerah perbatasan. Dia mencatat setidaknya 16 bangunan, gudang atau pangkalan yang ditargetkan untuk milisi Iran, Lebanon dan Irak di kota Boukamal, Mayadeen dan Deir el-Zour.



Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap target militer terkait Iran di Suriah selama bertahun-tahun tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu.

Observatorium mengatakan mencatat 39 serangan Israel di dalam Suriah pada tahun 2020 yang mencapai 135 sasaran, termasuk pos militer, gudang, atau kendaraan.

"Dalam serangan itu, setidaknya 217 orang tewas, sebagian besar milisi sekutu Iran," menurut Observatorium.

Serangan itu terjadi pada saat ketegangan yang meningkat di kawasan itu pada hari-hari terakhir pemerintahan Presiden Donald Trump.

Menurut Amos Harel, seorang koresponden urusan militer Israel yang terkemuka, militer Israel berada pada tingkat kewaspadaan pertahanan yang tinggi, dan baterai pertahanan udara rudal Patriot dikerahkan di pelabuhan selatan Israel di Eilat. Menulis di surat kabar Haaretz, dia mengatakan kehadiran pesawat tempur yang sangat besar telah mengudara di negara itu selama sebagian besar hari.



Sementara itu, jet Israel telah melanggar wilayah udara Lebanon dan melintasi langit Beirut setiap hari, penerbangan ketinggian rendah yang telah menambah kegelisahan di Ibu Kota Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)