Adiknya Tersingkir dari Politbiro Partai Buruh, Kim Jong-un Makin Berkuasa

Senin, 11 Januari 2021 - 11:18 WIB
loading...
A A A
"Kongres tersebut sepenuhnya menyetujui proposal untuk mempromosikan Kim ke posisi tersebut," tulis KCNA, yang menyebutnya sebagai "kepala revolusi serta pusat bimbingan dan persatuan."

Kim telah memegang kekuasaan hampir absolut di Korea Utara yang diperintah secara dinasti sejak mengambil alih setelah kematian ayahnya Kim Jong-il pada tahun 2011. Pada tahun 2012, partai tersebut menyebut Kim Jong-Il sebagai "sekretaris jenderal abadi" dan Kim Jong-un "sekretaris pertama" dalam sebuah konferensi.

“Pengambilalihan (oleh) Kim menunjukkan keyakinannya bahwa dia sekarang telah resmi bergabung dengan barisan ayah dan kakeknya,” kata Yang Moo-jin, seorang profesor di University of North Korean Studies di Seoul, seperti dikutip Reuters.

"Ini juga menunjukkan niat strategisnya untuk memusatkan sistem kepartaian di sekitarnya dan memperkuat aturan satu orangnya."

Pemilihan tersebut juga menyoroti kebangkitan bintang Jo Yong Won, yang baru saja diangkat ke dalam lima presidium politbiro kuat dan Komisi Militer Pusat Partai Buruh.

Choe Son Hui, wakil menteri luar negeri yang berperan penting dalam mempersiapkan pertemuan kedua yang gagal dengan Presiden AS Donald Trump pada 2019, diturunkan pangkatnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)