6 Kota di Dunia yang Pernah Bersalin Nama, Jakarta Paling Sering

Minggu, 10 Januari 2021 - 21:35 WIB
loading...
A A A
6 Kota di Dunia yang Pernah Bersalin Nama, Jakarta Paling Sering


Sebelum menjadi Beijing, nama kota ini awalnya adalah Peking. Sebutan itu ternyata berawal dari pengucapan dialek orang China Selatan yang menyebutkan kata "Beijing" pertama kali ketika Eropa pertama kali datang ke China. Sejak saat itu, di dunia barat, kota Beijing dikenal sebagai 'Peking'. Padahal, nama resmi kota ini adalah Beijing sejak 1403. Dalam bahasa Mandarin, Beijing berarti Ibu Kota Utara. (Baca juga: 10 Situs Warisan Dunia Paling Banyak Dikunjungi)

4. New York City

6 Kota di Dunia yang Pernah Bersalin Nama, Jakarta Paling Sering


Sebelum akhirnya menjadi New York, kota ini pernah beberapa kali mengganti namanya. Awalnya, Giovanni da Verrazzano, seorang kapten kapal asal Perancis menemukan kota ini di tahun 1524. Kemudian, dia menamainya dengan Nouvelle-Angoulême.

Beberapa tahun kemudian, Belanda datang dan menguasai kota Nouvelle-Angoulême dan mengganti namanya menjadi New Amsterdam dan New Orange. Hingga akhirnya, kota ini ditetapkan dengan nama New York. Nama tersebut bertahan sampai hari ini.

5. Istanbul

6 Kota di Dunia yang Pernah Bersalin Nama, Jakarta Paling Sering


Kota ini terletak di Turki, sebuah negara yang wilayahnya membentang dari benua Eropa ke Asia. Kota ini pertama kali didirikan pada 660 Sebelum Masehi. Kemudian, Istanbul dijadikan sebagai Ibu Kota Kekaisaran Roma bagian timur oleh Kaisar Konstantinus Agung pada tahun 330 SM. (Baca juga: Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya)

Sejak saat itu, kota ini berganti nama menjadi Konstantinopolis atau Konstantinopel (Kotanya Konstantinus). Hingga akhirnya, berubah nama menjadi Istanbul yang berasal dari kata "Istambol" artinya Kota Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)