Burundi Usir Tim WHO di Tengah Pandemi Corona

Kamis, 14 Mei 2020 - 22:53 WIB
loading...
Burundi Usir Tim WHO di Tengah Pandemi Corona
Burundi usir dan persona non grata tim WHO di tengah pandemi Corona. Foto/Ilustrasi
A A A
NAIROBI - Burundi mengusir Kepala Nasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tiga anggota timnya selama kampanye pemilu presiden yang telah berlangsung meskipun ada risiko kesehatan dari pandemi virus Corona.

Pemerintah Burundi mengkonfirmasi jika Kementerian Luar Negeri negara itu telah mengirim surat kepada Kepala Nasional WHO Walter Kazadi Mulombo dan tiga pakar kesehatan pada tanggal 12 Mei lalu. Surat itu berisi memerintahkan mereka keluar dari negara itu pada hari Jumat esok.

Tiga pejabat WHO lainnya yang diusir adalah ahli epidemiologi lapangan Jean Pierre Mulunda Nkata, koordinator sektor kesehatan Ruhana Mirindi Bisimwa, dan Daniel Tarzy.

Asisten Menteri Luar Negeri Burundi, Bernard Ntahiraja, membenarkan bahwa para pejabat WHO telah dinyatakan sebagai "persona non grata" tetapi tidak memberikan alasannya.

Tidak ada reaksi formal dari WHO terhadap pengusiran itu, meskipun seorang pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan keempat orang itu tampaknya menjadi "korban manajemen yang buruk" dari penyakit COVID-19 Burundi.

Sementara itu Kepala badan pengontrol penyakit regional, John Nkengasong, menyebut pengusiran itu "tidak menguntungkan" dan mengkritik keputusan untuk mengadakan pemilu selama krisis kesehatan.

"Kita seharusnya secara kolektif menghilangkan virus dari semua tempat yang mungkin menjadi lokasi penularan," kata Nkengasong, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Afrika yang merupakan cabang dari Uni Afrika.

"Akan sangat sulit bagi negara untuk mengatasi virus. Kasus telah meningkat di negara-negara yang maju dan mengadakan pemilu," tambahnya pada konferensi pers di Ethiopia seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/5/2020).

Seorang kandidat presiden untuk partai oposisi FRODEBU, LĂ©once Ngendakumana, menyesalkan pengusiran tim WHO.

"Negara itu sendiri tidak akan mampu menahan pandemi," katanya kepada Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)