Anggota Kongres AS Kembali Bersidang, Sahkan Kemenangan Pemilu Biden

loading...
Anggota Kongres AS Kembali Bersidang, Sahkan Kemenangan Pemilu Biden
Petugas mengamankan para anggota Kongres saat gedung US Capitol diserbu pendukung Donald Trump. Foto/ny times
WASHINGTON - Para anggota Kongres Amerika Serikat (AS) bersidang kembali tak lama setelah jam 8 malam pada Kamis (7/1) untuk melanjutkan sertifikasi hasil pemilu presiden.

Sesi sertifikasi hasil pemilu itu sempat tertunda setelah para pendukung Presiden AS Donald Trump menyerbu masuk gedung US Capitol. Pendukung Trump kemudian berhasil dihalau keluar oleh aparat keamanan dari gedung tersebut.

“Kepada mereka yang mendatangkan malapetaka di Capitol hari ini, Anda tidak menang,” ujar Wakil Presiden AS Mike Pence saat sesi sidang dilanjutkan.

Anggota Kongres AS Kembali Bersidang, Sahkan Kemenangan Pemilu Biden




“Ayo kembali bekerja,” ujar Pence, mendapat tepuk tangan. (Baca Juga: Geram Lihat Pendukung Trump Serbu US Capitol, Biden: Ini Pemberontakan!)

"Kami akan mengesahkan pemenang pemilu 2020," papar Ketua Senat Partai Republik Mitch McConnell, menyebut serangan oleh pendukung Trump sebagai "pemberontakan yang gagal." (Baca Juga: Situasi Politik di AS Memanas, KJRI New York Imbau WNI Hindari Kerumunan)

Anggota parlemen memperdebatkan upaya terakhir oleh anggota parlemen pro-Trump untuk menantang hasil pemilu, yang tidak mungkin berhasil. (Baca Juga: Dunia Terkejut Melihat Ulah Pendukung Trump Duduki Gedung US Capitol)



Tetapi beberapa orang yang berencana menolak hasil pemilu mengatakan mereka akan mempersingkat upaya mereka dan mungkin hanya menantang hasil di satu negara bagian, bukan di beberapa negara bagian.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top