China Menolak Dicap Sebagai Negara Asal COVID-19

Minggu, 03 Januari 2021 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Hasil dari beberapa studi internasional menunjukkan bahwa ketika China pertama kali mengumumkan virus baru itu, virus itu sudah ada di negara lain.

Sebulan lalu, penelitian tentang donor darah oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengungkapkan bahwa COVID-19 telah menginfeksi warga Amerika beberapa minggu sebelum 31 Desember 2019.(Baca juga: CDC: Covid-19 Muncul Terlebih Dahulu di AS Sebelum China )

Survei serupa yang dilakukan di Prancis dan Italia menemukan antibodi virus Corona dalam sampel darah masing-masing dari awal Desember dan September tahun itu.(Baca juga: Terungkap, Kasus COVID-19 Pertama di Prancis Terjadi Pada Desember )

Sementara itu, tes air limbah di Spanyol menemukan jejak virus Corona dalam penyelidikan yang diambil paling cepat Maret 2019 - sembilan bulan sebelum pandemi diyakini telah dimulai.

Pejabat kesehatan China sebelumnya menduga bahwa COVID-19 bisa sampai ke Wuhan dari luar negeri lewat makanan laut beku atau produk daging. Mereka juga menduga peserta Military World Games yang digelar di kota itu pada Oktober 2019 menularkan penyakit tersebut.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)