Perkaya Kemitraan Strategis, China Siap Bekerja Sama dengan ASEAN

Sabtu, 02 Januari 2021 - 13:07 WIB
loading...
Perkaya Kemitraan Strategis, China Siap Bekerja Sama dengan ASEAN
China siap bekerja sama dengan ASEAN untuk memperkaya kemitraan strategis. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BEIJING - China siap bekerja sama dengan ASEAN untuk lebih memperkaya kemitraan strategis dan mengantarkan era baru perdamaian, pembangunan, dan kerja sama untuk kawasan. Hal itu diungkapkan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

Wang Yi membuat pernyataan itu dalam wawancara baru-baru ini dengan Kantor Berita Xinhua dan China Media Group.

"Sejak diluncurkan, kerja sama China-ASEAN selalu berorientasi pada hasil, pionir, dan responsif terhadap tren zaman. Ini menjadi contoh kerja sama kawasan yang paling sukses dan bersemangat," ujarnya seperti dikutip dari Daily People, Sabtu (2/1/2021).



Dia mengatakan kedua belah pihak menjadi mitra dagang terbesar satu sama lain untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

"Kami bersama-sama mendorong penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), yang melahirkan kawasan perdagangan bebas paling menjanjikan di dunia dengan populasi terbesar dan agregat ekonomi terbesar. Ini merupakan terobosan bersejarah dalam kerja sama China-ASEAN," ungkapnya.(Baca juga: Hindari Konflik di Laut China Selatan, Menhan Filipina Serukan ASEAN Bersatu )

Memperhatikan bahwa China dan ASEAN akan merayakan peringatan 30 tahun hubungan dialog mereka pada tahun 2021, Wang mengatakan pihak China menantikan peluang baru yang akan dibawanya untuk meningkatkan hubungan China-ASEAN.

Wang meminta kedua belah pihak untuk bekerja sama untuk mengalahkan COVID-19, melakukan yang terbaik untuk mendukung pemulihan ekonomi regional, dan tetap berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan.(Baca juga: Pakar UE-ASEAN Gelar Dialog Pertama Tentang Vaksin Covid-19 )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)