Supplier Apple Dilaporkan Gunakan Tenaga Kerja Paksa Uighur

Jum'at, 01 Januari 2021 - 17:51 WIB
loading...
Supplier Apple Dilaporkan Gunakan Tenaga Kerja Paksa Uighur
Sebuah laporan menyebutkan supplier Apple di China menggunakan tenaga kerja paksa Uighur. Foto/Gizmodo
A A A
BEIJING - Sebuah perusahaan China yang memasok kaca gadget ke Apple , Amazon, Tesla, dan lainnya, diduga telah menggunakan tenaga kerja paksa Uighur dari provinsi Xinjiang yang mayoritas Muslim. Begitu laporan yang dirilis Tech Transparency Project (TTP).

"Perusahaan Lens Technology yang berbasis di Hunan telah menggunakan ribuan pekerja seperti itu sebagai bagian dari penahanan massal pemerintah China dan interniran terhadap warga Uighur dan sebagian besar kelompok minoritas Muslim lainnya," bunyi laporan itu yang dinukil dari Al Araby, Kamis (1/1/2021).

Mengutip catatan pemerintah dan laporan media China, penyelidikan TPP mengatakan ribuan orang dikirim dari Xinjiang ke pabrik-pabrik Lens Technology di provinsi Hunan sebagai bagian dari program "pengentasan kemiskinan" yang dipelopori oleh Kamar Dagang Xinjiang-Suzhou.



Satu video yang dikutip oleh laporan tersebut menunjukkan ratusan pekerja yang konon merayakan Hari Nasional China di luar sebuah gedung. Spanduk yang ditampilkan dalam video menunjukkan para pekerja tersebut berasal dari Xinjiang dan bekerja di Lens Technology.

Menyusul liputan media tentang laporan TTP pada hari Selasa, Apple dengan cepat membantah peran atau hubungan apa pun dengan praktik kerja paksa di China.

"Apple tidak menoleransi kerja paksa. Memeriksa adanya kerja paksa adalah bagian dari setiap penilaian pemasok yang kami lakukan, termasuk audit mendadak," kata juru bicara Apple Josh Rosenstock dalam sebuah pernyataan.(Baca juga: Turki Tak Akan Deportasi Muslim Uighur ke China )

"Awal tahun ini kami mengonfirmasi bahwa tidak ada pemasok kami yang memiliki pekerja Uighur dari 'program pemasangan' dari Xinjiang di jalur produksi Apple mana pun," imbuhnya.

Raksasa teknologi yang berbasis di California itu telah diawasi dengan cermat atas hubungannya dengan perusahaan China karena perannya yang diduga dalam melobi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pencegahan Kerja Paksa Uighur. RUU tersebut akan memberi sanksi kepada perusahaan-perusahaan AS untuk memblokir impor dari Xinjiang kecuali ada bukti bahwa kerja paksa tidak digunakan dalam produksi.

Tidak jelas perusahaan mana yang berusaha melemahkan atau mengubah RUU tersebut, namun, koalisi hak asasi manusia internasional telah secara terbuka mendesak Apple, Nike, Walmart, Adidas, GAP, dan beberapa perusahaan lain untuk mengungkapkan aktivitas mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)