Turki Tak Akan Deportasi Muslim Uighur ke China

Kamis, 31 Desember 2020 - 02:12 WIB
loading...
Turki Tak Akan Deportasi Muslim Uighur ke China
Turki menepis kekhawatiran akan mendeportasi Muslim Uighur ke China. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
ANKARA - Turki menepis kekhawatiran bahwa perjanjian ekstradisi baru dengan China akan mengakibatkan Ankara mendeportasi Muslim Uighur secara massal ke Beijing.

Sekitar 20 warga Uighur dengan kewarganegaraan Turki mendatangi konsulat China di Istanbul setelah parlemen China meratifikasi perjanjian 2017 pada hari Sabtu.

Ankara belum meratifikasi perjanjian itu, tetapi persetujuannya di Beijing telah membuat komunitas Uighur Turki yang diperkirakan berjumlah 50.000 orang gelisah.



Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu tidak mengatakan kapan parlemen Turki akan memperdebatkan kesepakatan tersebut.

Namun dia mengatakan persetujuannya tidak berarti Turki akan membebaskan orang Uighur ke China.

“Hingga saat ini, masih ada permintaan pemulangan dari China terkait Uighur di Turki. Dan Anda tahu Turki belum mengambil langkah seperti ini," kata Cavusoglu kepada wartawan di Ankara.

"Ini akan menjadi salah dan tidak adil untuk mengatakan itu adalah kesepakatan untuk ekstradisi Uighur. Kami lebih sensitif terhadap masalah seperti itu dibanding yang lain,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (31/12/2020).

Etnis Uighur berunjuk rasa untuk hari kesembilan pada Rabu untuk mengungkapkan ketakutan mereka tentang perjanjian ekstradisi.(Baca juga: China Sebut Tuduhan Pelanggaran HAM Muslim Uighur Kebohongan Abad Ini )

“Insya Allah, kami berharap negara kami tidak akan menyetujui hal seperti itu,” kata Omer Farah, seorang etnis Uighur dengan kewarganegaraan Turki yang mengatakan bahwa anak-anaknya ditahan di China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)