Disaksikan Raja, Maroko Teken Perjanjian Normalisasi dengan Israel

Kamis, 24 Desember 2020 - 23:57 WIB
loading...
Disaksikan Raja, Maroko Teken Perjanjian Normalisasi dengan Israel
Maroko menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel di Istana Kerajaan di Rabat pada Selasa malam. Foto/ Al Araby
A A A
RABAT - Maroko secara resmi menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel selama kunjungan delegasi Israel ke istana presiden pada Selasa lalu.

Perdana Menteri Saad Eddine El Othmani menandatangani deklarasi itu di hadapan Raja Mohammed VI, yang mengumumkan dimulainya kembali hubungan dengan negara Zionis itu.

Menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sekaligus penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner, dan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben Shabat juga berada di antara hadirin yang hadir pada upacara penandatanganan di Ibu Kota Maroko, Rabat, pada Selasa malam.



Dalam konferensi pers dengan Kushner, Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita mengatakan negaranya bermaksud membuka kantor penghubung dengan Israel dalam dua minggu ke depan. Maroko menutup kantor penghubungnya di Tel Aviv pada tahun 2000, pada awal intifada kedua Palestina.

Bourita mengatakan Maroko setuju dengan AS dan Israel untuk sepenuhnya mematuhi, mempromosikan dan mempertahankan elemen yang terkandung dalam deklarasi ini.

"Perjanjian tersebut menetapkan bahwa masing-masing pihak harus sepenuhnya melaksanakan kewajibannya dan menentukan langkah-langkah lebih lanjut sebelum akhir Januari," tambahnya, mencatat langkah-langkah itu juga termasuk dimulainya kembali kontak segera antara pejabat Israel dan rekan-rekan mereka asal Maroko seperti dikutip dari Al Araby, Kamis (24/12/2020).

Sebuah laporan oleh kantor berita negara Maroko, MAP, mengkonfirmasi langkah-langkah tersebut termasuk pemberian otorisasi kepada perusahaan penerbangan Israel untuk membawa anggota komunitas Yahudi Maroko dan turis Israel ke Maroko, dimulainya kembali kontak diplomatik dan resmi secara penuh serta hubungan pejabat resmi dengan Israel pada tingkat yang sesuai, mempromosikan kerja sama ekonomi bilateral yang dinamis dan inovatif, serta langkah-langkah untuk pembukaan kembali kantor penghubung di Rabat dan Tel Aviv.

Penandatanganan itu dilakukan hanya beberapa jam setelah delegasi Israel mendarat di Rabat dengan penerbangan komersial langsung pertama antara Israel dan Maroko pada hari Selasa lalu.(Baca juga: Israel Luncurkan Penerbangan Komersial Langsung Pertama ke Maroko )

Pendaratan tersebut, yang ditayangkan langsung secara online oleh kedutaan besar AS di Rabat, dilakukan 10 hari setelah dimulainya kembali hubungan Israel-Maroko yang ditengahi AS sebagai imbalan atas dukungan Washington atas kedaulatan Maroko atas wilayah yang disengketakan di Sahara Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)