AS Pulihkan Kekebalan Kedaulatan Sudan

Selasa, 22 Desember 2020 - 20:46 WIB
loading...
AS Pulihkan Kekebalan Kedaulatan Sudan
AS memulihkan kekebalan kedaulatan Sudan setelah menghapusnya dari daftar negara sponsor terorisme. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memulihkan kekebalan kedaulatan Sudan seiring keputusan Kongres mengesahkan undang-undang yang meresmikan langkah tersebut. Keputusan ini menyusul berakhirnya penghapusan Sudan sebagai negara sponsor teror.

Namun, undang-undang tersebut mencakup pengecualian yang memungkinkan tuntutan hukum oleh keluarga korban serangan 11 September 2001 terhadap AS yang sudah berlangsung di pengadilan untuk bergerak maju, meskipun para ahli mengatakan Sudan tidak mungkin kehilangan kasus tersebut.

Penunjukkan Sudan sebagai negara sponsor terorisme, yang ada selama hampir tiga dekade, telah membebani ekonomi Sudan dan membatasi kemampuannya untuk menerima bantuan. Bagi investor, pemulihan kekebalan kedaulatan menghilangkan lapisan risiko keuangan lainnya.



Sudan telah terlibat dalam pembicaraan dengan AS selama berbulan-bulan dan telah membayar kompensasi sebesar USD335 juta yang dinegosiasikan kepada para korban serangan al-Qaeda di kedutaan besar AS di Afrika Timur pada tahun 1998 yang telah diberikan ganti rugi yang jauh lebih tinggi oleh pengadilan AS.

Proses untuk melepaskan uang kompensasi dan memulihkan kekebalan kedaulatan Sudan - perlindungan terhadap tuntutan di pengadilan Amerika - telah terhenti di Kongres AS karena telah diikat dengan paket bantuan virus Corona senilai USD892 miliar.

Pada Senin malam, paket yang lebih luas disahkan di Kongres AS setelah kesepakatan telah dibuat dalam sesi akhir pekan yang jarang terjadi dan dikirim ke Presiden Donald Trump untuk ditandatangani menjadi undang-undang.

Menurut RUU tersebut, Washington akan memberikan otorisasi USD111 juta untuk melunasi sebagian dari hutang bilateral Sudan, dan USD120 untuk membantu melunasi hutangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sementara menyediakan USD700 juta lagi hingga September 2022 untuk bantuan ke negara tersebut seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (22/12/2020).(Baca juga: AS Resmi Cabut Sudan dari Daftar Negara Sponsor Terorisme )

Minggu lalu, Menteri Keuangan Sudan mengumumkan "pinjaman jembatan" AS yang akan memungkinkan Sudan untuk membayar USD1 miliar tunggakan ke Bank Dunia. Seorang sumber AS yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bantuan utang akan membantu memulai keringanan utang Sudan di tingkat global, membantu membuatnya memenuhi syarat untuk program IMF's Highly Indebted Poor Countries (HIPC).

RUU itu juga menyediakan tambahan $ 150 juta untuk pembayaran penyelesaian Sudan, untuk mendistribusikan kembali dana dengan cara yang menurut para sponsor RUU itu lebih adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)