Menlu Retno: Pandemi Buat Negara-negara Semakin Erat

loading...
Menlu Retno: Pandemi Buat Negara-negara Semakin Erat
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa negara-negara semakin erat. Foto/Setkab
A+ A-
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa negara-negara semakin erat. Dia menuturkan, tidak pernah melihat komunikasi yang sangat intensif di berbagai tingkatan, seperti yang terjadi saat ini.

Berbicara dalam konferensi pers virtual, Retno menuturkan, dirinya yakin satu-satunya cara untuk bisa menang dalam perang melawan pandemi dan juga kemerosotan ekonomi adalah dengan memperkuat solidaritas dan kerjasama.

Untuk secara efektif menghadapi Covid-19, Retno mengatakan, dia percaya bahwa semua pihak tidak seharusnya kehilangan perspektif jangka panjang yang membutuhkan kerjasama internasional, untuk dapat membawa kembali kehidupan normal.

"Saya senang dengan fakta bahwa di situasi saat ini komunikasi antara para pemimpin negara, para Menteri Luar Negeri dan menteri serta otoritas terkait terus berlanjut dan semakin intensif," ucapnya pada Kamis (16/4/2020).



"Saya tidak pernah melihat sebelumnya komunikasi seintensif ini. Dari komunikasi yang saya lakukan sejauh ini, saya melihat semangat kerjasama masih sangat tinggi dan ini penting bahwa kita memelihara semangat itu," sambungnya.

Dia menegaskan, ini adalah waktu bagi negara-negara untuk bekerjasama dan mengkoordinasikan upaya untuk meredam penyebaran lebih lanjut Covid-19 dan mengatasi efek lanjutanya.

"Fokus diplomasi Indonesia saat ini adalah untuk memastikan dua prioritas utama. Pertama adalah menghadapi pandemi dan dampak ekonomoninya, kedua adalah melindungi WNI di luar negeri dan WNA di dalam negeri," tukasnya.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top