Israel dan Bhutan Bangun Hubungan Diplomasi

Selasa, 15 Desember 2020 - 04:04 WIB
loading...
Israel dan Bhutan Bangun Hubungan Diplomasi
Duta Besar Israel dan Dubes Bhutan untuk India menandatangani kesepakatan di kedutaan Israel di New Delhi. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Israel membangun hubungan diplomasi dengan Bhutan . Bhutan merupakan negara mayoritas Budha yang berbatasan dengan India dan berupaya memperluas jaringan diplomasinya.

Kesepakatan Israel dengan negara Himalaya tersebut tampaknya tidak terkait dengan kesepakatan yang disponsori Amerika Serikat (AS) dengan negara-negara Arab dan Muslim.

Meski demikian, para pejabat Israel berusaha menggambarkannya sebagai bukti semakin diterima di luar negeri.

“Perjanjian tersebut setelah beberapa tahun kontak rahasia antara Israel dan Bhutan dengan tujuan membangun hubungan,” ungkap Kementerian Luar Negeri Israel. (Baca Juga: Media Israel: Indonesia Sangat Ingin Normalisasi Hubungan dengan Israel)

"Lingkaran pengakuan Israel tumbuh dan berkembang," papar Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi. (Lihat Infografis: Beberapa Negara Ini akan Mengharamkan Mobil Bensin dan Diesel)

“Pembentukan hubungan antara kami dan Kerajaan Bhutan akan menjadi tonggak penting lain dalam memperdalam hubungan Israel di Asia,” ujar Ashkenazi. (Lihat Video: Ancam Kapolda Metro Jaya di Medsos, Simpatisan FPI Diringkus Polisi)

Bhutan bergantung pada India untuk pedoman kebijakan luar negeri dan pertahanannya sampai perjanjian persahabatan direvisi pada 2007.



Bhutan memelihara hubungan diplomatik dengan sekitar 53 negara.

“Upacara penandatanganan diadakan antara duta besar Israel dan Bhutan untuk India pada Sabtu di kedutaan Israel di New Delhi,” ungkap siaran pers bersama yang diposting di situs web Kementerian Luar Negeri Bhutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)