AS Sanksi Universitas dan Utusan Iran untuk Houthi

Rabu, 09 Desember 2020 - 15:32 WIB
loading...
AS Sanksi Universitas dan Utusan Iran untuk Houthi
AS menjatuhkan sanksi kepada universitas dan utusan Iran untuk Houthi. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan sanksi terhadap utusan Iran untuk Houthi , Hasan Irlu. AS juga menjatuhkan sanksi kepada universitas Iran yang menggunakan lebih dari 50 cabangnya untuk merekrut pejuang untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Menurut Departemen Luar Negeri AS Irlu baru-baru ini tiba di Yaman untuk bertugas sebagai penghubung IRGC dengan milisi Houthi. Irlu adalah anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran di luar negeri Pasukan Quds (IRGC-QF).

"Dengan mengirim Irlu ke Yaman, IRGC-QF mengisyaratkan niatnya untuk meningkatkan dukungan kepada Houthi dan semakin memperumit upaya internasional untuk mencapai penyelesaian yang dinegosiasikan untuk konflik tersebut," kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (9/12/2020).



Departemen Luar Negeri AS menyatakan Irlu memiliki hubungan dengan komandan IRGC-QF Qassem Soleimani yang terbunuh dan telah memberikan pelatihan kepada anggota Hizbullah Lebanon.(Baca juga: Gunakan Rudal Iran, Houthi Serang Fasilitas Minyak Arab Saudi )

Sementara itu Universitas Internasional Al-Mustafa Iran juga diberi sanksi karena memfasilitasi upaya perekrutan IRGC-QF termasuk perekrutan untuk milisi asing yang mendukung al-Assad.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan beberapa mahasiswa di universitas, yang memiliki lebih dari 50 cabang di seluruh dunia, tewas dalam pertempuran di Suriah.

"IRGC telah merekrut mahasiswa Pakistan dan Afghanistan di Universitas Internasional Al-Mustafa untuk bergabung dengan Brigade Zaynabiyoun dan Divisi Fatemiyoun, dua milisi yang bertempur atas nama IRGC-QF di Suriah yang sebelumnya ditunjuk di bawah otoritas kontraterorisme dan hak asasi manusia," menurut Departemen Luar Negeri.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, dalam sebuah pernyataan mengatakan rekrutmen mahasiswa asing IRGC-QF menggambarkan sejauh mana kelompok tersebut telah menyusup ke masyarakat Iran untuk mencapai tujuan yang merusak.(Baca juga: Rouhani Berjanji Akan Terus Dukung Rezim Assad )

"Upaya ini, dan peran luas yang dimainkan IRGC-QF dalam kebijakan luar negeri Iran, berkontribusi pada erosi kepercayaan pada lembaga publik dan swasta Iran," tambah Mnuchin.

Departemen Keuangan AS juga menunjuk pejabat lain di Pasukan IRGC-Quds, warga negara Pakistan yang berbasis di Iran Yusuf Ali Muraj, untuk mendukung operasi IRGC.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)