Rouhani Berjanji Akan Terus Dukung Rezim Assad

Selasa, 08 Desember 2020 - 22:32 WIB
loading...
Rouhani Berjanji Akan Terus Dukung Rezim Assad
Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan terus mendukung Suriah. Foto/timesofisrael.com
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan terus mendukung Suriah . Ia juga mendesak Damaskus untuk menghadapi Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Situs Rouhani mengatakan pernyataan itu datang selama pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad yang sedang berkunjung ke Negeri Mullah itu.

"Republik Islam Iran akan melanjutkan dukungannya kepada pemerintah Suriah dan rakyatnya sebagai sekutu strategis kami dan kami akan mendukung Suriah sampai kemenangan terakhirnya," kata Rouhani seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (8/12/2020).



Rouhani mengatakan bahwa menghadapi penjajah Zionis dan terorisme adalah tujuan bersama kedua negara.

"Sampai pembebasan semua tanah yang diduduki termasuk (Dataran Tinggi) Golan, menghadapi penjajah Zionis, harus dilanjutkan," ucap Rouhani.(Baca juga: Pembunuhan Fakhrizadeh Bisa Ganggu Upaya Biden Lanjutkan Dialog dengan Iran )

Ini adalah kunjungan pertama Mekad ke Iran sebagai menteri luar negeri setelah dia menjabat pada bulan November. Dia tiba di Teheran pada hari Senin kemarin.

Iran telah menjadi sekutu utama Presiden Suriah Bashar al-Assad sejak awal perang saudara Suriah pada 2011. Iran memberikan dukungan militer dan ekonomi yang vital bagi pemerintah Assad di Damaskus.

Iran tidak mengakui Israel dan mendukung kelompok militan anti-Israel seperti Hamas Palestina dan Hizbullah Lebanon.(Baca juga: Iran Setujui Pengayaan Uranium Dekati Level Senjata Nuklir, Eropa Kecewa )

Israel menuduh Iran membangun kehadiran militernya di sepanjang perbatasan utara dengan Suriah dan telah berulang kali menyerang fasilitas yang terkait dengan Iran dan konvoi senjata yang ditujukan untuk Hizbullah.

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967.
(ber)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0779 seconds (0.1#10.140)
pixels