Iran Setujui Pengayaan Uranium Dekati Level Senjata Nuklir, Eropa Kecewa

Senin, 07 Desember 2020 - 23:37 WIB
loading...
Iran Setujui Pengayaan Uranium Dekati Level Senjata Nuklir, Eropa Kecewa
Prancis, Jerman dan Inggris mengatakan bahwa mereka khawatir dengan pengumuman Iran bahwa pihaknya bermaksud memasang sentrifugal pengayaan uranium tambahan. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Prancis, Jerman dan Inggris mengatakan bahwa mereka khawatir dengan pengumuman Iran bahwa pihaknya bermaksud memasang sentrifugal pengayaan uranium tambahan. Mereka juga khawatir dengan keputusan Parlemen Iran yang menyetujui undang-undang yang meningkatkan pengayaan uranium di luar batas yang ditetapkan perjanjian nuklir 2015 jika sanksi tidak dikurangi dalam sebulan.

"Jika Iran serius tentang menjaga ruang untuk diplomasi, mereka tidak boleh menerapkan langkah-langkah ini," kata tiga negara tersebut dalam pernyataan bersama, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (7/12/2020).

Iran berencana untuk memasang tiga kaskade lagi, atau kelompok, sentrifugal IR-2m canggih di pabrik pengayaannya di Natanz, yang dibangun di bawah tanah tampaknya untuk menahan setiap pemboman udara. ( )

"Kembali ke JCPOA juga akan bermanfaat bagi Iran," tambahnya, mengacu pada keputusan Teheran untuk membalikkan beberapa komitmen nuklirnya sebagai tanggapan atas penarikan mundur AS dari kesepakatan dan penerapan kembali sanksi keras yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)