Kabinet Biden Fokus Atasi Kesenjangan

Selasa, 01 Desember 2020 - 09:15 WIB
loading...
Kabinet Biden Fokus Atasi Kesenjangan
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menunjuk Neera Tanden, mantan penasehat Presiden Barack Obama, sebagai kepala Kantor Manajemen dan Anggaran, serta Cecilia Rouse sebagai Kepala Dewan Penasehat Ekonomi.

Biden juga akan mengangkat Wally Adeyemo, penasehat senior ekonomi internasional masa pemerintahan Obama, untuk membantu Janet Yellen, Menteri Keuangan (Menkeu), dengan menunjukknya sebagai Wamenkeu. Ahli ekonomi Jared Bernstein dan Heather Boushey juga direncanakan menjadi anggota Dewan Penasehat Ekonomi. Begitupun dengan Brian Deese, penasehat senior andalan Obama, yang akan mengepalai Dewan Ekonomi Nasional. (Baca: Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan)

Sejauh ini, tim transisi Biden menolak berkomentar terkait hal itu. Namun, semua nominasi yang diajukan Biden akan memerlukan persetujuan dari Senat lebih dulu. Para ahli menilai penyusunan kabinet ekonomi Biden menjadi pusat peperangan antara kelompok sentris dan progresif. Kelompok sentris berharap ekonomi AS akan kompetitif dan berbasis keahlian, sedangkan profresif ingin membentuk kapitalisme yang lebih adil bagi semua pelaku bisnis nasional.

Masuknya Rouse dalam tim ekonomi kabinet Biden menjadikan fokus utama pemerintahannya akan mengatasi kesenjangan ekonomi dan sosial. Rouse, ahli ekonomi dari Princeton University yang fokus mempelajari pendidikan ekonomi dan ketidaksetaraan ekonomi, sangat disukai kelompok progresif. Sebelumnya, dia juga menjabat sebagai anggota Dewan Penasehat Ekonomi. Rouse termasuk orang yang vokal melawan kebijakan ekonomi Trump selama pandemi, termasuk mengkritisi kurangnya bantuan pemerintah kepada para pebisnis kecil. Dia menilai hal itu kian mempersenggang kesejahteraan.

Sama seperti masa Obama pada 2009, tim ekonomi Biden juga akan menghadapi tantangan krisis ekonomi dalam jangka pendek saat menjabat pada 20 Januari 2021. Bedanya, kali ini, permasalahan itu muncul akibat wabah virus korona yang memperlebar jurang kekayaan dan mengancam bisnis. Kelompok profresif berjanji akan mengatasi permasalahan ini secara pelan-pelan dan merata. Mereka juga mendesak Biden memerhatikan rakyat kecil. (Baca juga: DPR Usulkan Sekolah Tatap Muka Sifatnya Pilihan)

“Penunjukkan kabinet ekonomi saat ini merepresentasikan keanekaragaman, keahlian, dan pengalaman panjang di Washington serta kompetensi dan sanitasi,” ujar Matt Bennett, salah satu pendiri konsultan politik Third Way. Namun, beberapa ahli mempertanyakan penunjukkan Deese, pejabat eksekutif BlaclRock Inc.. Menurut Jeff Hauser dari Revolving Door Project, Deese akan kebingungan saat sejumlah kebijakan mengancam perusahaannya.

“Dia mungkin akan bolos dalam sebagian besar tugasnya atau memprosesnya tanpa menimbulkan konflik kepentingan,” ujar Hauser. Selain Deese, anggota lain yang kemungkinan akan menuai kritikan ialah Tanden, kepala think tank Center for American Progress, yang mendukung Hillary Clinton dibanding Bernie Sanders pada pemilihan presiden (Pilpres) 2016. Dia dinilai sebagai ekonom yang berpihak pada sayap kiri.

Adeyemo merupakan penasehat senior keamanan nasional Gedung Putih untuk ekonomi internasional, juga tangan kanan mantab Menkeu Jack Lew. Saat ini, dia bekerja sebagai presiden Obama Foundation. Adapun Bernstein pernah menjadi kepala penasehat ekonomi Obama dan membantu AS keluar dari jurang resesi. Dia terkenal dengan kemampuan analisisnya yang detail dan mendalam.

Sekitar 14 juta warga AS yang kini masih menganggur telah menerima bantuan keuangan per bulan dari pemerintah. Namun, bantuan itu akan habis pada 26 Desember mendatang. Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 terus meningkat sehingga kapan mereka akan kembali bekerja tidak lasti. Biden diyakini akan mencoba membawa masyarakat AS melalui krisis ini tanpa mengabaikan risiko kesehatan. (Baca juga: Merokok Bisa Berdampak Buruk Bagi Kecantikan)

Penyusunan kabinet ini tidak terlepas dari adanya pengakuan kemenangan dari Trump. Biden kini diperbolehkan mengakses informasi intelijen. Trump mengatakan seluruh stafnya akan bersikap kooperatif dengan Biden. General Services Administration (GSA) juga menyatakan Biden saat ini dapat memulai transisi. “Biden kini dapat mengakses seluruh perangkat yang diperlukan untuk proses transisi,” kata Kepala GSA, Emily Murphy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)