AS Kemungkinan Serang Iran Jelang Trump Lengser, Israel Diminta Bersiap

loading...
AS Kemungkinan Serang Iran Jelang Trump Lengser, Israel Diminta Bersiap
Para tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Militer Israel diinstruksikan bersiap diri terkait kemungkinan serangan AS terhadap Iran menjelang lengsernya Donald Trump. Foto/REUTERS
TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mendapat instruksi untuk bersiap diri terkait potensi serangan Amerika Serikat (AS) terhadap Iran menjelang lengsernya Presiden Amerika Donald Trump pada Januari mendatang.

Instruksi itu diungkap pejabat senior Israel yang dikutip Axios pada Rabu (25/11/2020). (Baca: Jelang Lengser, Donald Trump Ingin Serang Situs Nuklir Utama Iran )

Pejabat itu menjelaskan bahwa IDF telah diberitahu oleh pemerintah Israel tentang persiapan tersebut bukan karena telah mengonfirmasi pengetahuan tentang serangan AS yang akan segera terjadi, melainkan karena pejabat Israel merasa bahwa jika serangan seperti itu terjadi, mereka tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk bersiap sepenuhnya.

(Baca juga : Casarin Beberkan Alasan Maradona Cetak Gol Indah Saat Melawan Inggris )



Pejabat senior yang tidak disebutkan namanya itu lebih lanjut memaparkan bahwa pihaknya merasa bulan-bulan terakhir—yang dianggap Trump di Gedung Putih akan menjadi "periode yang sangat sensitif"—mencatat bahwa langkah-langkah kesiapsiagaan juga terkait dengan kemungkinan serangan Iran terhadap Israel baik secara langsung atau melalui proksi Iran di Timur Tengah.

(Baca juga : Kapal Coast Guard China dan Kapal Militer Malaysia Berseteru di Laut China Selatan )

Ketegangan antara Iran dan Israel terus memanas selama bertahun-tahun. Namun, baru-baru ini, pasukan Israel melakukan serangan balasan terhadap sasaran Iran di Suriah setelah pasukannya mendeteksi bom pinggir jalan di Dataran Tinggi Golan. (Baca: Penasihat Khamenei: Serangan Taktis AS terhadap Iran Akan Jadi Perang Skala Penuh )



Pejabat Israel mengklaim bahwa bom di Dataran Tinggi Golan tersebut ditanam oleh anggota Angkatan Bersenjata Suriah dan Pasukan Quds Iran. Pemerintah Zionis menyatakan bahwa tindakan tersebut merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Israel.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top