Biden Pertimbangkan Tunjuk Tom Donilon Menjadi Bos Baru CIA

Kamis, 26 November 2020 - 08:48 WIB
loading...
Biden Pertimbangkan Tunjuk Tom Donilon Menjadi Bos Baru CIA
Tom Donilon, mantan penasihat keamanan nasional AS era Presiden Barack Obama, diperkirakan ditunjuk Joe Biden sebagai direktur baru CIA. Foto/REUTERS/Carlos Barria
A A A
WASHINGTON - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk menunjuk Tom Donilon sebagai direktur baru Badan Intelijen Pusat (CIA). Donilon adalah diplomat veteran dan penasihat keamanan nasional untuk mantan Presiden Barack Obama.

Sumber yang mengetahui rencana Biden tersebut mengungkapannya pada Rabu, yang dilansir Politico, Kamis (26/11/2020).

Posisi bos CIA bisa menjadi salah satu yang paling menantang dalam pemerintahan Biden setelah empat tahun Presiden Donald Trump menuduh badan tersebut sebagai bagian dari konspirasi "Deep State" yang berusaha merusak kepresidenannya. (Baca: Filipina: Suka atau Tidak, Kami Terlibat Jika Perang AS vs China Pecah )

Biden—yang akan resmi menjabat Presiden AS pada 20 Januari 2021—juga dilaporkan Reuters sedang mempertimbangkan Michael Morell untuk menduduki kursi direktur baru CIA. Morell merupakan wakil direktur CIA dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur badan tersebut dua kali di bawah pemerintah Obama.

Biden, bagian integral dari tim keamanan nasional Obama selama delapan tahun sebagai wakil presiden, akan bekerja sama dengan kedua pria tersebut. Direktur CIA saat ini adalah Gina Haspel. Dia menggantikan Mike Pompeo yang saat ini menjabat Menteri Luar Negeri AS.

Dia telah memilih veteran pemerintahan Obama lainnya untuk pos utama keamanan nasional, termasuk Antony Blinken—mantan wakil menteri luar negeri—untuk posisi Menteri Luar Negeri AS, dan Avril Haines—pejabat CIA di bawah pemerintah Obama—untuk posisi Direktur Intelijen Nasional.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)