Analis Curiga Arab Saudi yang Tekan Pakistan untuk Akui Negara Israel

Rabu, 25 November 2020 - 11:24 WIB
loading...
A A A
Menggemakan pandangan Amin, Siddiqi berkata; "Arab Saudi memiliki posisi unik dalam persaudaraan Islam. Rajanya menyebut diri mereka sebagai pelayan dari dua tempat suci (Makkah dan Madinah). Oleh karena itu, tidak dapat mengejutkan dunia Muslim untuk mengambil sebuah keputusan yang dapat dianggap oleh banyak Muslim sebagai pengkhianatan bukan hanya atas perjuangan Palestina tetapi juga tujuan Islam."

Masood mengatakan hanya masalah waktu bagi Kerajaan Arab Saudi untuk mengikuti jejak UEA dan Bahrain. Tetapi, lanjut dia, Pakistan tidak akan tunduk meski ada tekanan.

“Imran Khan sepenuhnya memahami bahwa orang Pakistan tidak akan pernah menerima keputusan apa pun yang bertujuan untuk mengakui atau menormalkan hubungan dengan Israel. Itulah yang dia perjelas berkali-kali," katanya. Arab Saudi juga mengetahui hal ini dengan sangat baik.

Mendukung pandangannya, Siddiqi mengatakan; "Pengakuan yang tergesa-gesa dapat memicu gelombang reaksi ekstremis, yang tidak mampu dilakukan oleh pemerintah Imran Khan yang lemah dan terkepung."

Hubungan Pakistan dengan negara-negara Teluk memiliki dasar ekonomi yang kuat. Pengiriman uang dalam jumlah besar dikirim oleh ekspatriat Pakistan di Arab Saudi, UEA, Qatar, dan Kuwait.

Arab Saudi dan UEA bersama-sama menampung lebih dari tiga juta orang Pakistan.

Arab Saudi, tempat tinggal 1,9 juta orang Pakistan, menduduki puncak daftar negara dengan jumlah pengiriman uang tertinggi yang dikirim ke Pakistan—lebih dari USD4,5 miliar per tahun—diikuti oleh UEA dengan lebih dari USD3,47 miliar. Data itu berasal dari bank sentral Pakistan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)