Analis Curiga Arab Saudi yang Tekan Pakistan untuk Akui Negara Israel

Rabu, 25 November 2020 - 11:24 WIB
loading...
Analis Curiga Arab Saudi yang Tekan Pakistan untuk Akui Negara Israel
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengaku ditekan negara-negara sahabat untuk mengakui negara Israel. Foto/Anadolu Agency
A A A
ISLAMABAD - Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menjadi berita utama minggu lalu ketika dia mengungkapkan bahwa Islamabad telah di bawah tekanan dari beberapa negara sahabat untuk mengakui negara Israel .

Meskipun dia berhenti menyebutkan nama negara-negara tersebut ketika berulang kali ditanya apakah para penekan merupakan negara Muslim atau non-Muslim, banyak yang percaya Imran Khan merujuk ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Tinggalkan (pertanyaan) ini. Ada hal-hal yang tidak bisa kami katakan. Kami memiliki hubungan baik dengan mereka," kata Khan kepada wartawan. (Baca: PM Pakistan: Kami Ditekan Negara Sahabat untuk Akui Negara Israel )

UEA dan Bahrain baru-baru ini menjalin hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Israel. Beberapa negara Teluk lainnya, termasuk Arab Saudi, juga mempertimbangkan opsi untuk menormalkan hubungan.

"Mari kita berdiri di atas kaki kita sendiri dalam hal ekonomi, kemudian Anda dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini," lanjut Khan, merujuk pada ketergantungan ekonomi Islamabad yang telah berlangsung lama pada negara-negara Teluk yang kaya minyak.

Beberapa media lokal dan internasional menganggap Khan mengisyaratkan Amerika Serikat (AS), sekutu lama Pakistan dalam apa yang disebut perang melawan terorisme. Namun anggapan itu ditepis Islamabad.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengklafirikasi dengan menyebut PM Khan salah mengutip karena tidak ada tekanan seperti itu pada Islamabad untuk mengakui negara Israel. (Baca juga: Netanyahu dan Bos Mossad Dilaporkan Kunjungi Saudi, Temui Putra Mahkota MBS )

Khan dengan jelas mengartikulasikan posisi Pakistan bahwa kecuali penyelesaian yang adil atas masalah Palestina—yang memuaskan bagi warga Palestina—ditemukan, Pakistan tidak dapat mengakui negara Israel. Terlepas dari klarifikasi Kementerian Luar Negeri Pakistan, pernyataan Khan memicu analis untuk menduga peran Arab Saudi di balik tekanan itu.

Meskipun Arab Saudi belum mengakui negara Israel, diyakini secara luas bahwa UEA dan Bahrain tidak dapat melewati "garis merah" tanpa persetujuan Riyadh.

Mohammad Ali Siddiqi, seorang analis yang berbasis di Karachi yang sering menulis tentang Timur Tengah, tidak mengabaikan kemungkinan bahwa Riyadh menekan Islamabad untuk menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

"Adapun tekanan Saudi, ya, itu tidak bisa dikesampingkan," kata Siddiqi kepada Anadolu Agency, Selasa (24/11/2020). Dia mengatakan jika Pakistan mengakui negara Yahudi tersebut, pujian akan diberikan ke Riyadh.

"MBS bisa sangat menghitung," katanya, mengacu pada Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS). "Jika seseorang percaya apa yang dikatakan (Presiden Turki) Recep Tayyip Erdogan, MBS mengancam akan mengusir semua pekerja Pakistan di kerajaan jika Imran Khan menghadiri KTT Kuala Lumpur Desember lalu."

Pakistan menolak menghadiri KTT Kuala Lumpur pada jam kesebelas yang dilaporkan karena tekanan dari Arab Saudi, yang melihat forum itu sebagai alternatif dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Menurut Siddiqi, pejabat Pakistan, bahkan mantan pejabat, bagaimanapun, tidak akan mengonfirmasi atau menyangkal jika ada tekanan pada Pakistan untuk mengakui negara Israel.

Letnan Jenderal (purnawirawan) Talat Masood, seorang analis keamanan yang berbasis di Islamabad, mengatakan Riyadh tidak membujuk Pakistan untuk mengakui Israel.

“Negara-negara Arab sedang menormalisasi hubungan mereka dengan Israel di bawah pendekatan sempit yang murni didasarkan pada keuntungan politik dan ekonomi dengan mengorbankan nilai. Mereka tidak lagi peduli dengan perjuangan Palestina," katanya kepada Anadolu Agency.

“Mungkin ada sedikit peran Saudi untuk merayu Pakistan dalam hal ini, tetapi pada umumnya, saya rasa tidak ada tekanan,” kata Masood, yang bertugas di tentara Pakistan hingga 1990.

Mantan duta besar Pakistan untuk Arab Saudi Shahid Amin memiliki pendapat serupa. "Mengapa Arab Saudi melakukan itu...setelah klarifikasi Kementerian Luar Negeri, itu harus dibersihkan. Pakistan tidak cocok dengan gambaran ini," katanya.

Amin, bagaimanapun, mengakui bahwa Abu Dhabi dan Manama telah menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv dengan persetujuan Riyadh.

Tapi, kata dia, akan sulit bagi Riyadh untuk melakukannya, mengingat masalah internal dan eksternal yang bisa dihadapinya. “Arab Saudi adalah ujung tombak dunia Muslim, pengakuannya akan mengundang terlalu banyak masalah bagi dirinya sendiri,” jelasnya.

Menggemakan pandangan Amin, Siddiqi berkata; "Arab Saudi memiliki posisi unik dalam persaudaraan Islam. Rajanya menyebut diri mereka sebagai pelayan dari dua tempat suci (Makkah dan Madinah). Oleh karena itu, tidak dapat mengejutkan dunia Muslim untuk mengambil sebuah keputusan yang dapat dianggap oleh banyak Muslim sebagai pengkhianatan bukan hanya atas perjuangan Palestina tetapi juga tujuan Islam."

Masood mengatakan hanya masalah waktu bagi Kerajaan Arab Saudi untuk mengikuti jejak UEA dan Bahrain. Tetapi, lanjut dia, Pakistan tidak akan tunduk meski ada tekanan.

“Imran Khan sepenuhnya memahami bahwa orang Pakistan tidak akan pernah menerima keputusan apa pun yang bertujuan untuk mengakui atau menormalkan hubungan dengan Israel. Itulah yang dia perjelas berkali-kali," katanya. Arab Saudi juga mengetahui hal ini dengan sangat baik.

Mendukung pandangannya, Siddiqi mengatakan; "Pengakuan yang tergesa-gesa dapat memicu gelombang reaksi ekstremis, yang tidak mampu dilakukan oleh pemerintah Imran Khan yang lemah dan terkepung."

Hubungan Pakistan dengan negara-negara Teluk memiliki dasar ekonomi yang kuat. Pengiriman uang dalam jumlah besar dikirim oleh ekspatriat Pakistan di Arab Saudi, UEA, Qatar, dan Kuwait.

Arab Saudi dan UEA bersama-sama menampung lebih dari tiga juta orang Pakistan.

Arab Saudi, tempat tinggal 1,9 juta orang Pakistan, menduduki puncak daftar negara dengan jumlah pengiriman uang tertinggi yang dikirim ke Pakistan—lebih dari USD4,5 miliar per tahun—diikuti oleh UEA dengan lebih dari USD3,47 miliar. Data itu berasal dari bank sentral Pakistan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)