Jurnalis Watergate Beber 21 Senator Republik Menghina Presiden Trump

Selasa, 24 November 2020 - 09:05 WIB
loading...
Jurnalis Watergate Beber 21 Senator Republik Menghina Presiden Trump
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Para Senator Partai Republik di Amerika Serikat (AS) diketahui mendukung Presiden Donald Trump di depan umum. Namun, jurnalis Watergate Carl Bernstein merilis daftar 21 Senator Partai Republik yang menghina dan meremehkan Presiden yang sejatinya adalah sekutu mereka.

Bernstein selama ini menjadi kritikus Trump yang konsisten dan keras. Dia kini mem-posting daftar 21 senator, yang menurutnya, secara pribadi berulang kali menyatakan penghinaan yang ekstrem kepada Presiden.

Bernstein mendasarkan pelaporannya pada percakapan dengan kolega dan staf Senator, pelobi Kongres, dan pembantu Gedung Putih. (Baca: Donald Trump Akhirnya Mulai Proses Transisi Kekuasaan AS ke Joe Biden )

Dua orang dalam daftar itu, Senator Utah Mitt Romney dan Senator Nebraska Ben Sasse, juga sering mengecam Trump di depan umum.

Beberapa lainnya, Senator Maine Susan Collins dan Senator Alaska Lisa Murkowski, kadang-kadang menyatakan ketidaksetujuannya tanpa menyimpang ke dalam kritik yang keras.

Sisanya mempertahankan dukungan publik mereka untuk Trump selama masa kepresidenannya.

Banyak dari Senator Republik menolak untuk mengakui Joe Biden dari Partai Demokrat sebagai presiden terpilih dalam pemilihan presiden (pilpres) 3 November, karena takut bertentangan dengan klaim tak berdasar Presiden Trump tentang penipuan yang meluas.

Menurut data jurnalis tersebut, ke-21 Senator yang secara pribadi menyatakan penghinaan mereka terhadap Trump adalah; Portman, Alexander, Sasse, Blunt, Collins, Murkowski, Cornyn, Thune, Romney, Braun, Young, Tim Scott, Rick Scott, Rubio, Grassley, Burr, Toomey, McSally, Moran, Roberts, Shelby. (Baca: Panik dengan Hasil Pilpres AS, Donald Trump Jr Serukan Perang Total )

Sejumlah senator yang masuk dalam daftar yang dirilis Bernstein menanggapi dengan berusaha keras untuk menegaskan kembali kesetiaan mereka kepada Trump.

“Sejak saya berdiri di samping Presiden Trump saat dia dilantik sebagai Presiden, dia dan saya memiliki hubungan yang baik,” kata Roy Blunt dari Missouri kepada The Washington Examiner, yang dilansir Selasa (24/11/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)