AS Kehilangan 'Perisai' dari Rusia dengan Keluar dari Perjanjian Open Skies

Senin, 23 November 2020 - 14:01 WIB
loading...
AS Kehilangan Perisai dari Rusia dengan Keluar dari Perjanjian Open Skies
Anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Bob Menendez sebut keluarnya AS dari Perjanjian Open Skies membuat negara itu tidak terlindungi dari Rusia. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Keluarnya Amerika Serikat (AS) dari Perjanjian Open Skies membuat negara itu tidak terlindungi dari Rusia . Hal itu diungkapkan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Bob Menendez.

"Seperti yang telah saya nyatakan sebelumnya, keputusan pemerintah untuk menarik diri dari Perjanjian Open Skies adalah sembrono dan membuat AS dan sekutu kita kurang aman melawan Rusia," ucapnya.

"Selama hampir 20 tahun, perjanjian, yang disetujui dengan suara bulat oleh Senat, telah memberikan negara dan sekutu kita memiliki wawasan penting tentang militer Rusia," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (23/11/2020). ( )

Perjanjian Open Skies sendiri memungkinkan para pesertanya untuk melakukan pengawasan udara sebagai bagian dari program penerbangan observasi terjadwal. Lebih dari 30 negara berpartisipasi dalam program yang dibuat untuk meningkatkan transparansi kegiatan militer tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)