Biden Diperkirakan Tunjuk Blinken sebagai Menlu AS Pengganti Pompeo

Senin, 23 November 2020 - 11:46 WIB
loading...
A A A
Orang-orang yang akrab dengan gaya manajemennya menggambarkan Blinken, 58, sebagai diplomat yang berhati-hati dan bersuara relatif lembut, tetapi berpengalaman dalam mur dan baut kebijakan luar negeri.

Setelah calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton kalah dalam pemilihan presiden (pilpres) AS 2016 dari Donald Trump, Blinken menjadi salah satu pendiri WestExec Advisors, sebuah konsultan Washington yang menasihati perusahaan tentang risiko geopolitik.

Blinken yang lahir di New York City dan berpendidikan Harvard mempraktikkan ilmu hukumnya secara singkat dan memasuki politik pada akhir 1980-an dengan membantu kampanye kepresidenan Michael Dukakis dalam mengumpulkan uang.

Dia bergabung dengan Gedung Putih di era Presiden Bill Clinton sebagai penulis pidato dan menjadi salah satu asisten keamanan nasionalnya.

Di bawah Obama, Blinken bekerja untuk membatasi sebagian besar penempatan pasukan tempur AS menjadi lebih kecil. Namun dia mengatakan kepada Reuters tahun lalu bahwa Trump "memusnahkan kredibilitas Amerika" dengan penarikan pasukan AS dari Suriah pada tahun 2019 yang membuat sekutu AS; Kurdi, mengalami kesulitan dalam perjuangan mereka melawan ISIS.

Di jalur kampanye, Blinken adalah salah satu penasihat terdekat Biden, bahkan pada masalah yang melampaui kebijakan luar negeri.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)