Biden Diperkirakan Tunjuk Blinken sebagai Menlu AS Pengganti Pompeo

Senin, 23 November 2020 - 11:46 WIB
loading...
Biden Diperkirakan Tunjuk Blinken sebagai Menlu AS Pengganti Pompeo
Antony Blinken, diplomat veteran yang kemungkinan ditunjuk Joe Biden sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Henry Romero
A A A
WASHINGTON - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan menunjuk diplomat veteran Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri yang akan menggantikan Mike Pompeo.

Seorang sekutu Biden kepada Bloomberg mengungkap perkiraan pilihan tersebut pada hari Minggu.

Blinken pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri AS dan pernah juga menjabat sebagai Wakil Penasihat Keamanan Nasional di dalam pemerintahan Barack Obama. (Baca: Biden Akan Umumkan Kabinet Pertamanya pada Selasa )

Penunjukan Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS kemungkinan akan diumumkan sendiri oleh Biden pada Selasa (24/11/2020) waktu Amerika.

Tim transisi Biden menolak berkomentar dan Blinken juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Seorang sekutu Biden, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa Blinken adalah pilihan Biden yang paling mungkin dan pengumuman diharapkan segera dilakukan minggu ini.

Blinken adalah orang kepercayaan Biden sejak lama.

Kepala Staf Gedung Putih versi pemerintah Joe Biden-Kamala Harris, Ron Klain, membenarkan bahwa Biden akan mengumumkan pilihan pertama kabinetnya pada hari Selasa.

Dalam wawancara dengan Reuters pada bulan Oktober, Blinken mengatakan Amerika Serikat tidak boleh menyerahkan peran kepemimpinannya di dunia. (Baca juga: Laksamana Bintang Dua AS Lakukan Kunjungan Mendadak ke Taiwan )

"Sebanyak beban yang kadang-kadang tampaknya dimainkan...alternatif dalam hal kepentingan kami dan kehidupan orang Amerika jauh lebih buruk," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)