Ethiopia Tolak Upaya Mediasi Uni Afrika, Bergerak Maju ke Ibu Kota Tigray

Minggu, 22 November 2020 - 11:33 WIB
loading...
Ethiopia Tolak Upaya Mediasi Uni Afrika, Bergerak Maju ke Ibu Kota Tigray
Gambar satelit dari perusahaan luar angkasa yang berbasis di AS Maxar Technologies menunjukkan bangunan yang hancur berjejer di jalan utama dekat bandara Dansha. Foto/US News
A A A
ADDIS ABABA - Pemerintah Ethiopia menolak upaya mediasi yang diajukan Uni Afrika (UA). Sebaliknya, Ethiopia mengatakan pasukan mereka telah merebut sejumlah kota dalam perjalanan mereka menuju Ibu Kota yang dikuasai pemberontak di wilayah Tigray utara.

Pada hari Jumat, UA menunjuk mantan presiden Mozambik Joaquim Chissano, Ellen Johnson Sirleaf dari Liberia dan Kgalema Motlanthe dari Afrika Selatan sebagai utusan khusus untuk mengupayakan gencatan senjata dan perundingan mediasi.

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu untuk pakta perdamaian dengan Eritrea, menyatakan akan menangkap para pemimpin kelompok pemberontak TPLF sebelum berdialog.



"Berita yang beredar bahwa utusan akan melakukan perjalanan ke Ethiopia untuk menengahi antara Pemerintah Federal dan unsur kriminal TPLF adalah palsu," tweet pemerintah pada Ethiopia seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/11/2020).

TPLF adalah sebutan untuk kelompok pemberontak Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) yang menguasai wilayah Tigray.

Abiy menuduh para pemimpin Tigrayan memberontak melawan otoritas pusat dan menyerang pasukan federal di kota Dansha. Sedangkan pemberontak mengatakan pemerintah Abiy telah meminggirkan dan menganiaya Tigrayans sejak menjabat dua tahun lalu.

Abiy membantahnya, dengan mengatakan dia hanya berusaha untuk memulihkan hukum dan ketertiban dan menjaga persatuan Ethiopia dan 115 juta penduduknya.

TPLF populer di daerah asalnya dan mendominasi politik Ethiopia dari tahun 1991 hingga Abiy menjabat. Orang tua Abiy berasal dari kelompok etnis Oromo dan Amhara yang lebih besar.

"Kami akan melakukan semua yang diperlukan untuk memastikan stabilitas berlaku di wilayah Tigray dan bahwa warga kami bebas dari bahaya dan keinginan," cuit Abiy.

Lebih dari dua minggu setelah serangan Perdana Menteri Abiy Ahmed, pemerintah mengatakan pasukan Tigrayan sedang membuldoser jalan dan menghancurkan jembatan untuk menahan gerak maju di ibu kota regional Mekelle, yang dihuni sekitar setengah juta orang.(Baca juga: Pasukan Tigray Ethiopia Tembakkan Roket-roket ke Ibu Kota Amhara )

Tigrayans telah menjanjikan "neraka" untuk musuh mereka yang mendekat. Mereka membantah menghancurkan jembatan tetapi tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar tentang pembajakan jalan.

Pemerintah Abiy mengatakan akan segera mencapai Mekelle setelah merebut berbagai kota di sekitarnya. Pada hari Sabtu dikatakan kota Adigrat juga telah jatuh, sekitar 116 km utara Mekelle.

TPLF mengatakan sembilan warga sipil tewas di antara banyak korban dalam serangan artileri di Adigrat.

Pemerintah tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar, tetapi sebelumnya berulang kali membantah menargetkan warga sipil.

Pernyataan dari kelompok yang bertikai sulit untuk diverifikasi karena koneksi telepon dan internet telah terputus sejak awal konflik dan media sebagian besar dilarang.

Eritrea menyangkal tuduhan TPLF bahwa mereka telah mengirim tentara ke perbatasan untuk mendukung serangan Abiy terhadap pasukan Tigrayan, yang juga merupakan musuh lama Eritrea.

Ratusan, mungkin ribuan, telah tewas dan lebih dari 30.000 pengungsi telah melarikan diri ke Sudan sejak konflik meletus pada 4 November. Pertempuran telah menyebar ke luar Tigray, yang pasukannya telah menembakkan roket ke wilayah tetangga Amhara dan negara Eritrea, memicu kekhawatiran. dari perang yang lebih luas dan pecahnya multi-etnis Ethiopia.

Para pekerja bantuan mengatakan konflik tersebut menciptakan krisis kemanusiaan di Tigray, di mana lebih dari 5 juta penduduk telah mengungsi dan bergantung pada bantuan makanan bahkan sebelum konflik.

Gambar satelit dari perusahaan luar angkasa yang berbasis di AS Maxar Technologies menunjukkan bangunan yang hancur berjejer di jalan utama dekat bandara Dansha, di mana pemerintah mengatakan ada serangan mendadak pada 4 November terhadap pasukan federal. (Baca juga: Bos WHO Bantah Persenjatai Pemberontak Ethiopia )

Di perbatasan dengan Sudan, Perserikatan Bangsa-Bangsa merencanakan kemungkinan kedatangan 200.000 pengungsi.

“Situasinya sangat mengerikan,” kata Jens Hesemann, koordinator tanggap darurat untuk badan pengungsi PBB UNHCR, dari titik penyeberangan Hamdayet.

Hesemann meminta bantuan donor yang mendesak saat dia berdiri di depan tenda dan kerumunan orang Ethiopia yang baru tiba.

Ribuan pengungsi di Hamdayet dan titik penyeberangan lainnya, Luqdi, telah mengantre untuk mendapatkan jerigen dan bubur tepung jagung, serta mendirikan tenda darurat di bawah pohon semak belukar. Banyak yang berdesakan di perahu untuk menyeberangi sungai ke Sudan.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)