Presiden Meksiko Kembali Tolak Berikan Ucapan Selamat pada Biden

Kamis, 12 November 2020 - 16:44 WIB
loading...
Presiden Meksiko Kembali Tolak Berikan Ucapan Selamat pada Biden
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador kembali mengatakan, dia tidak akan terlebih dahulu memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
MEXICO CITY - Presiden Meksiko , Andres Manuel Lopez Obrador kembali mengatakan, dia tidak akan terlebih dahulu memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden, atas kemenangannya dalam pemilihan umum Amerika Serikat (AS) . Obrador mengatakan, dia hanya akan mengucapkan selamat kepada Biden jika sudah ada keputusan resmi.

"Kami tidak dapat membuat pengakuan apa pun terhadap pemerintah yang belum dibentuk secara hukum dan sah. Bukan terserah kita, itu intervensionisme," ucap Obrador, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (12/11/2020).

Presiden Meksiko Kembali Tolak Berikan Ucapan Selamat pada Biden


Terkait dengan banyak pihak di AS, khususnya dari Partai Demokrat, atas sikapnya, Obrador menegaskan Meksiko bukanlah koloni Washington. Meksiko, tegasnya, adalah negara berdaulat, yang bebas menentukan sendiri sikap mereka. ( Baca juga: Transisi Kekuasaan Terganggu, Ekonomi AS Terancam )

"Karena kami berpegang pada kebijakan prinsip kami. Selain itu, kami bukan koloni. Kami adalah negara yang merdeka, merdeka, dan berdaulat. Pemerintah Meksiko bukanlah boneka dari pemerintah asing mana pun," ungkapnya.

Obrador adalah satu dari sedikit kepala negara yang belum mengucapkan selamat kepada Biden. Selain Obrador, Presiden Rusia, Vladimir Putin juga belum memberikan selamat kepada Biden. ( Baca juga: Ini Perbedaan Gaya Kepemimpinan Antara Biden dan Trump )

Sama dengan Obrador, Kremlin mengatakan Putin juga belum mengucapkan selamat kepada Biden karena masih menunggu pengumuman resmi dan juga menunggu sengketa hukum yang membayangi pemilu AS selesai.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2651 seconds (11.97#12.26)