Grup Facebook Stop the Steal Serukan 'Angkat Senjata' Jika Trump Kalah

Sabtu, 07 November 2020 - 17:14 WIB
loading...
Grup Facebook Stop the Steal Serukan Angkat Senjata Jika Trump Kalah
Facebook menutup grup Stop The Steal karena menyerukan aksi kekerasan. Foto/NDTV
A A A
SAN FRANCISCO - Sebelum Facebook menutupgrup "Stop the Steal" (Hentikan Pencurian) yang berkembang pesat pada hari Kamis, forum tersebut menampilkan seruan bagi anggotanya untuk menyiapkan senjata mereka jika Presiden Donald Trump kehilangan kursinya di Gedung Putih.

Saat menonaktifkan grup tersebut, Facebook lantas mengutip upaya forum itu untuk mendelegitimasi proses pemilihan presiden (pilpres) dan mengkhawatirkan seruan aksi kekerasan dari beberapa anggotanya.

Retorika seperti itu tidak jarang terjadi menjelang pilpres di Grup Facebook, pendorong utama keterlibatan jaringan sosial terbesar di dunia, tetapi tidak selalu mendapatkan perlakuan yang sama.



Sebuah survei terhadap Grup Facebook yang berbasis di Amerika Serikat (AS) antara September dan Oktober yang dilakukan oleh perusahaan intelijen digital CounterAction atas permintaan Reuters menemukan retorika dengan nada kekerasan di ribuan grup publik yang berorientasi politik dengan jutaan anggota.

Variasi dari dua puluh frasa yang dapat dikaitkan dengan seruan untuk kekerasan, seperti "lock and load" dan "kita membutuhkan perang saudara," muncul bersama dengan referensi hasil pemilu di sekitar 41.000 kejadian di Grup Facebook publik yang berbasis di AS selama periode bulan keduanya.

Menurut CounterAction, frasa lain, seperti "tembak mereka" dan "bunuh mereka semua," digunakan dalam grup publik masing-masing setidaknya 7.345 kali dan 1.415 kali. "Gantung dia" muncul 8.132 kali. "Saatnya mulai menembak, teman-teman," bunyi satu komentar seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (7/11/2020).(Baca juga: Kesal Kerap Disensor, Donald Trump: Twitter di Luar Kendali! )

Facebook mengatakan sedang meninjau temuan CounterAction, yang dibagikan Reuters dengan perusahaan itu, dan akan mengambil tindakan untuk menegakkan kebijakan yang mengurangi kerugian dunia nyata dan kerusuhan sipil, termasuk di Grup, menurut pernyataan yang diberikan oleh juru bicara Dani Lever.

Perusahaan menolak untuk mengatakan apakah contoh yang dibagikan oleh Reuters melanggar aturannya atau mengatakan di mana ia menarik garis dalam memutuskan apakah frase menghasut atau memfasilitasi kekerasan serius, yang, menurut kebijakannya, menjadi dasar untuk dihapus sebuah grup.

Jaksa penuntut telah mengaitkan beberapa plot milisi yang mengganggu ke Grup Facebook tahun ini, termasuk rencana serangan terhadap pengunjuk rasa Black Lives Matters di Las Vegas dan skema untuk menculik gubernur Michigan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)