Serangan Atas Nama Islam Membuat Muslim Prancis Makin Terstigmatisasi

Selasa, 03 November 2020 - 13:15 WIB
loading...
Serangan Atas Nama Islam Membuat Muslim Prancis Makin Terstigmatisasi
Charline Avenel, rektor akademi Versailles, memegang foto Samuel Paty, guru bahasa Prancis yang dipenggal kepalanya di jalanan pinggiran Kota Paris di Conflans-Sainte-Honorine, Prancis, kemarin. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Dalam beberapa pekan terakhir, nasib Muslim di Prancis semakin tersudutkan dan terstigmatisasi. Apalagi, serangan yang mengatasnamakan Islam berulang kali terjadi di Prancis. Seruan boikot terhadap produk Prancis yang melanda negara-negara Muslim juga semakin membuat sulit mereka.

Komentar Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menjadikan isu tersebut sebagai panggung politik untuk popularitasnya juga semakin memperkeruh keadaan. Retorika kasar terhadap umat Islam di Prancis semakin menguat setelah insiden pembunuhan terhadap tiga orang pada Kamis lalu. Umat Muslim terus disorot negatif karena dilekatkan dengan kekerasan tersebut. (Baca: Syafaat dan Siapa yang Berhak Mendapatkannya)

“Itu sungguh mengkhawatirkan bagi Muslim,” kata Hicham Benaissa, sosiolog khusus Islam. Di dalam jaringannya, dia mengatakan, banyak orang Muslim di Prancis yang ingin meninggalkan negara tersebut. “Situasinya semakin tegang. Ada ketakutan yang timbul,” imbuhnya.

(Baca juga : Maradona Sukses Jalani Operasi Otak, Fans Berdebar )

Islam merupakan agama kedua di Prancis , di mana populasi Muslim terbesar di Eropa Barat. Sebanyak lima juta orang beragama Islam tinggal di negara tersebut. Bayangan diskriminasi memang menghantui kehidupan mereka.

Nilai dasar sekularisme menjadi dasar kebebasan beragama justru digunakan beberapa negara bagian di Prancis untuk mengekang praktik beragama umat Islam. Presiden Prancis bisa saja mengajukan undang-undang yang digunakan untuk memperkuat hukum sekularisme 1905 yang lahir karena konflik dengan gereja Katolik Roma.

(Baca juga : Pilpres Amerika, Mayoritas Yahudi Israel Ingin Trump Kembali Jadi Presiden AS )

Pidato Presiden Macron yang disampaikannya saat upacara pemakaman guru Samuel Paty yang dibunuh karena melihatkan gambar Nabi Muhammad di kelas, telah memicu boikot terhadap produk asal Prancis di Asia Selatan hingga Timur Tengah. Dia dituding menyebarkan sentimen anti-Muslim. Macron menyatakan dirinya membela hak warga Prancis menggambar karikatur Nabi Muhammad. (Baca juga: Ribuan Formasi Guru CPNS Guru Kosong, Ini Langkah Kemendikbud)

“Serangan terhadap saudara yang beribadah sungguh menyentuh,” kata imam besar Masjid Ar Rahman di Nice, Otman Aissaoui. “Sekali lagi, kita terstigmatisasi dan orang mulai bergerak cepat,” katanya. Dia mengatakan, banyak umat Islam semakin tidak nyaman.

Kemudian menurut Abdallah Zekri, pejabat Dewan Prancis untuk Muslim,umat Muslim tidak perlu merasa bersalah atau bertanggung jawab. “Kita seharusnya tidak menjustifikasi diri kita,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)