Serangan Atas Nama Islam Membuat Muslim Prancis Makin Terstigmatisasi

Selasa, 03 November 2020 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Banyak serangan yang dilakukan umat Islam dan rencana “separatisme” oleh Macron membuat umat Islam semakin tersudutkan. Banyak organisasi Muslim juga memberikan perhatian terhadap definisi sekularisme yang belum jelas. (Baca juga: Usai Liburan, Kembali Bugar dengan Olahraga Ringan)

“Kehadiran Islam tidak dilihat oleh masyarakat Prancis,” kata Tareq Oubrou, salah satu imam ternama di Bordeaux. Ketegangan terhadap umat Islam sebenarnya pernah terjadi pada 2004 ketika adanya larangan penggunaan jilbab di ruangan kelas dan larangan penutup wajah pada 2010. “Sekularisme menjadi asap kaca yang bisa mengancam Islam,” kata Benaissa.

Rim-Sarah Alouane, kandidat doktor di Universitas Toulouse Capitole, mengungkapkan sejak 1990, sekularisme menjadi alat politik untuk membatasi tanda agama, khususnya umat Islam. “Seharusnya negara ini menghargai dan menghormati keragaman dan bukan menganggapnya sebagai ancaman,” katanya.

Kebangkitan Islam dalam pandangan publik berangsur-angsur menjadi ancaman bagi identitas Prancis. Itu disampaikan dengan kelompok kanan jauh. Selama bertahun-tahun, kehadiran masjid diabaikan, seperti sekolah Muslim. (Lihat videonya: Gubernur DKI Umumkan Kenaikan UMP 2021 di Tengah Pandemi)

Muslim pria datang ke Prancis untuk bekerja setelah Perang Dunia II. Pada 1970-an, migran Muslim bekerja di pabrik mobil, konstruksi, dan sektor lainnya yang penting bagi Prancis. Banyak pabrik pun mendirikan ruang salat. Namun ketika perempuan bercadar bekerja di perusahaan Prancis, justru terjadi penolakan. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)