Penguasa Kerajaan Malaysia Gelar Pertemuan, Bahas Usul Status Darurat

loading...
Penguasa Kerajaan Malaysia Gelar Pertemuan, Bahas Usul Status Darurat
Raja Mayalsian Sultan Abdullah Ahmad Shah dan Perdana Menteri Muhyiddin Yasin. Foto/Straits Times
A+ A-
KUALA LUMPUR - Penguasa kerajaan Malaysia akan melakukan pertemuan pada Minggu (25/10/2020) malam untuk membahas status darurat yang diusulkan oleh Perdana Mengeri (PM) Muhyiddin Yasin. Usulan itu muncul ketika negara itu mengadapi krisis politik berkepanjangan dan perjuangan untuk mengendalikan pandemi yang meningkat.

Raja, Sultan Abdullah Ahmad Shah, menyerukan pertemuan khusus dengan penguasa Melayu di Istana Negara untuk membahas dan menyempurnakan saran yang diajukan oleh PM Muhyiddin, yang ingin menyerukan keadaan darurat nasional.

Harian The Star, yang dikutip Straits Times, melaporkan bahwa pertemuan yang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 14.30 akan bersifat informal dan hanya dihadiri oleh para penguasa, tanpa kehadiran politisi.

Harian itu juga melaporkan bahwa Raja akan menyampaikan keputusan kepada perdana menteri setelah pertemuan tersebut.



Polisi meminta masyarakat untuk tidak berkumpul di dekat istana. Anggota media sudah mulai menunggu di luar sejak jam 10 pagi.

Keputusan untuk memberlakukan status darurat nasional mungkin tidak akan mudah dibuat.





Proposal untuk menyerukan keadaan darurat telah menarik kecaman luas, dengan langkah tersebut digambarkan sebagai tidak konstitusional, tidak demokratis dan sebuah langkah yang dibuat oleh perdana menteri untuk mempertahankan kekuasaan politik.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top