Jerman: Perang Melawan Covid-19 Masih Jauh dari Usai

Kamis, 07 Mei 2020 - 22:37 WIB
loading...
Jerman: Perang Melawan Covid-19 Masih Jauh dari Usai
Pejabat Jerman memperingatkan bahwa krisis Covid-19 masih jauh dari selesai. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Pejabat Jerman memperingatkan bahwa krisis Covid-19 masih jauh dari selesai. Pernyataan ini muncul ditengah rencana Jerman perlahan-lahan membuka kembali ekonominya dan berusaha untuk mendapatkan kembali kehidupan normal.

Jerman telah melaporkan lebih dari 166 ribu kasus infeksi dan lebih dari 7.000 kematian. Tetapi, negara terpadat Uni Eropa itu bernasib lebih baik daripada beberapa negara tentangganya, karena pengujian awal dan praktek jarak sosial yang ketat.

"Kami tidak hidup setelah pandemi sekarang, melainkan kami hidup di tengah pandemi, yang akan kita jalani untuk sementara waktu, setidaknya untuk tahun ini dan itu adalah prekdiksi optimis kami," ucao Helge Braun, kepala staf Kanselir Jerman, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (7/5/2020).

Robert Koch Institute (RKI), otoritas kesehatan yang memiliki peran sentral dalam memerangi penyakit, mengatakan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan pada musim gugur. RKI menunjukkan bukti bahwa virus dapat memiliki pola musiman, dengan lebih banyak kasus yang diharapkan pada musim dingin. .

"Tentu saja ada kemungkinan bahwa jumlah kasus dapat naik lagi sebelumnya dan bahwa kita mendapatkan gelombang kedua, yaitu ketika perilaku manusia menjadi santai lagi sehingga ada jumlah transmisi yang lebih tinggi," ucap Wakil Presiden RKI, Lars Schaade.

Schaade mengatakan mencoba melonggarkan pembatasan, sehingga masyarakat bisa beraktifitas kembali itu benar. Tetapi, dia mengingatkan bahwa pandemi itu kemungkinan akan berlangsung selama beberapa bulan lagi. "Semua tindakan membawa risiko tertentu," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)