Ketegangan dengan China Meningkat, AS Cs Gelar Latihan di Samudera Hindia

Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:20 WIB
loading...
A A A
Anggota Quad lainnya juga melihat ketegangan dengan lonjakan Beijing dalam beberapa bulan terakhir. Pasukan India dan China bentrok di sepanjang Garis Kontrol Aktual - perbatasan de facto antara kedua negara di Himalaya - pada bulan Juni.

Jepang dan China tetap berselisih mengenai Kepulauan Senkaku yang disengketakan, dinamai Diaoyus oleh China, di mana Beijing telah meningkatkan kehadiran kapal penjaga pantainya.

Sementara itu, AS telah meningkatkan misi angkatan laut dan udaranya di Laut China Selatan, sambil mendorong kembali klaim Beijing atas jalur air yang luas itu.

Malabar dimulai sebagai latihan bilateral antara India dan AS. Jepang menjadi anggota tetap Malabar pada tahun 2015.(Baca juga: Tak Terpengaruh Video Propaganda China, Latihan Militer AS Jalan Terus )

Latihan sebelumnya telah dilakukan di Samudra Hindia serta di lepas pantai Jepang setahun yang lalu, dan di sekitar wilayah Pasifik AS di Guam dan di Laut Filipina pada 2018.

Latihan 2017 di Samudra Hindia melibatkan kapal induk dari AS, India, dan Jepang, yang kemudian digambarkan sebagai latihan angkatan laut terbesar di wilayah tersebut dalam dua dekade.(Lihat video: Tingkatkan Hubungan Bilateral, PM Jepang Kunjungi Indonesia )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)