7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
loading...
7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno
Peradaban manusia sudah berusia ribuan tahun. Dalam membangun peradabannya manusia mulai berkumpul dan mengorganisir diri lewat sebuah pemerintahan. Ilustrasi/SINDOnews/Masyudi
A A A
PERADABAN manusia sudah berusia ribuan tahun. Dalam membangun peradabannya manusia mulai berkumpul dan mengorganisir diri lewat sebuah pemerintahan.

Pemerintah adalah sistem atau sekelompok orang yang mengatur komunitas terorganisir, bisa merupakan sebuah negara atau wilayah di dalam negara. Namun ternyata ada banyak sekali bentuk pemerintahan di belahan bumi ini. Berikut sejumlah pemerintahan tertua di dunia. (Baca juga: Mengenal Peradaban Kuno Tertua di Dunia)

1. Sumeria (Mesopotamia Kuno)
7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c.4500 - c.1900 SM
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Irak Modern - Republik Parlemen Federal
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 15 Oktober 2005
Sebagai salah satu peradaban perkotaan pertama di dunia, bangsa Sumeria mendirikan pemerintahan pertama dan tertua di dunia. Pada milenium ke-4 SM, Sumeria dibagi menjadi banyak negara kota yang diperintah oleh gubernur atau raja imam. (Baca juga: Enheduanna: Putri Raja, Pendeta, dan Penyair Perempuan Pertama di Dunia)

Bangsa Sumeria juga bertanggung jawab atas kode hukum tertua yang ditemukan saat ini, Kode Ur-Nammu. Pemerintah Sumeria menjalankan beberapa program publik termasuk penggunaan tenaga kerja khusus pertanian dan sistem irigasi dan saluran besar-besaran. Meskipun peradaban Sumeria sudah tidak ada lagi, keturunan mereka tersebar di negara Irak modern.

2. Peradaban Harappa (Lembah Indus)
7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c.3300 - c.1300 SM
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Tidak ada - tersebar di wilayah yang sekarang menjadi beberapa negara Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : Tidak ada
Tidak banyak yang diketahui tentang pemerintahan Peradaban Harappa, tetapi bukti arkeologis menunjukkan bahwa mereka memiliki semacam kepemimpinan pusat. Orang Harappan dikenal karena perencanaan kota mereka yang dipikirkan dengan baik karena semua kota yang ditemukan memiliki tata letak sama - ini akan membutuhkan pemerintah pusat. (Baca juga: Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun)

Perekonomian Lembah Indus sangat bergantung pada perdagangan dan banyak orang percaya bahwa Harappans adalah peradaban pertama yang menggunakan transportasi roda. Selain itu, artefak Harappa - seperti tembikar, segel, pemberat, dan batu bata - dirancang secara seragam. Semua fitur kehidupan Harappa ini kemungkinan besar direncanakan oleh otoritas pusat.

3. Mesir Kuno
7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c. 3050 SM - 641 M.
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Semi-Presiden Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 18 Januari 2014
Orang Mesir kuno memiliki pemerintahan paling terkenal dan terdokumentasi secara menyeluruh dari semua peradaban tua dunia. Melalui catatan yang disimpan orang Mesir kuno, kita tahu bahwa setiap aspek kehidupan Mesir diatur melalui berbagai tingkat pemerintahan.

Di puncak hierarki pemerintah adalah firaun yang secara teori, memiliki kendali penuh atas tanah, sumber daya, dan rakyat Mesir kuno. Setelah firaun menjadi raja, yang merupakan komandan militer, kemudian ada wazir yang memiliki tugas terbanyak.

Wazir bertindak sebagai perwakilan raja dan mengkoordinasikan survei tanah, bendahara, proyek pembangunan, sistem hukum, dan arsip. Negara dibagi lagi menjadi nomes, yang diperintah di tingkat regional oleh seorang nomark. (Baca juga: Makam penyanyi Mesir kuno berusia 3.000 tahun ditemukan)

4. China
7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Tahun Didirikan dan berakhir : c.2070 SM - sekarang
Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Sosialis Satu Partai Kesatuan
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 4 Desember 1982
Seperti Jepang, sejarah dinasti pertama China (Dinasti Xia c. 7070 - c. 1600 SM) dianggap apokrif dan meskipun keberadaannya diyakini secara luas oleh orang China, hal itu mungkin tidak akurat secara historis. Setelah Dinasti Xia, beberapa dinasti lagi muncul di China kuno sebelum periode Kekaisaran dimulai pada 221 SM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)