Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Minggu, 11 Oktober 2020 - 11:57 WIB
loading...
Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun
Silsilah sangat menentukan bagi bangsawan kerajaan karena berkaitan dengan hak untuk naik takhta. Inilah mengapa sebagian besar pohon keluarga tertua di dunia saat ini didominasi keluarga kerajaan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
MENGETAHUI tentang sejarah seseorang sangat penting bagi banyak orang, terutama bagi mereka anggota keluarga kerajaan . Silsilah atau garis keturunan sangat menentukan bagi bangsawan kerajaan karena berkaitan dengan hak untuk memerintah (naik takhta) suatu waktu.

Inilah mengapa sebagian besar pohon keluarga tertua di dunia saat ini didominasi keluarga kerajaan yang masih eksis hingga saat ini. Berikut silsilah keluarga tertua di dunia yang tetap eksis hingga sekarang. (Baca juga: Kehidupan Raja Thailand dengan 20 Gundik, Selir Kerajaan dan Seorang Istri)

1. Lurie Family
Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Tahun Didirikan : c.1037 SM
Pendiri : Raja David
Kepala Keluarga Saat Ini : N / A
Negara Asal : Israel
Menurut data, keluarga Lurie adalah pohon keluarga tertua di dunia. Menurut Dr. Neil Rosenstein, yang menulis The Lurie Legacy, Keluarga Lurie dapat ditelusuri garis keturunannya sampai ke Raja Daud. (Baca juga: Rebutan Tahta di Kerajaan Daud, Absyalum Melakukan Kudeta)

Seperti beberapa dari keluarga lain dalam daftar ini, anggota pendiri mereka mungkin belum tentu orang sungguhan. Keluarga Lurie dianggap sebagai keluarga Yahudi Ashkenazi paling terkemuka dalam sejarah dan banyak tokoh sejarah terkenal berasal dari Keluarga Lurie, termasuk Karl Marx, Sigmund Freud, Felix Mendelssohn, Martin Buber, Rashi, dan Hezekiah.

2. House of Solomon
Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Tahun Didirikan : c.900 SM
Pendiri : Menelik I
Kepala Keluarga Saat Ini : Zera Yacob Amha Selassie
Negara Asal : Ethiopia dan Eritrea (dulunya satu kerajaan)
Sementara Ethiopia tidak lagi menjadi monarki dan keluarga kekaisaran tidak memerintah sejak 1974, House of Solomon masih ada sampai sekarang dan mengikuti garis keturunannya ke Menelik I, putra Raja Salomo dan Ratu Sheba. Sejak House of Solomon kembali ke Menelik I, keluarga itu juga secara teknis kembali ke Raja Daud (Sulaiman adalah putra Daud), seperti Keluarga Lurie.

Meskipun kaisar terakhir Ethiopia, Haile Selassie I, meninggal secara misterius setahun setelah kudeta tahun 1974, keturunannya masih hidup hingga saat ini. Cucu Selassie, Zera Yacob Amha Selassie adalah Putra Mahkota Ethiopia di pengasingan. (Baca juga: Tokoh-tokoh Dunia yang Nama Lahirnya Berbeda, Siapa Saja Mereka?)

3. Imperial House of Japan (Keluarga Kekaisaran Jepang)
Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Tahun Didirikan : 660 SM

Pendiri : Kaisar Jimmu
Kepala Keluarga Saat Ini : Kaisar Naruhito
Negara Asal : Jepang
Silsilah keluarga Kekaisaran Jepang mungkin bukan pohon keluarga tertua. Tapi mereka ini merupakan monarki turun-temurun tertua di dunia, mulai sejak 660 SM dengan aksesi Kaisar Jimmu yang legendaris. (Baca juga: Era Baru Kekaisaran Jepang)

Meskipun ada beberapa perselisihan mengenai apakah 29 kaisar pertama atau lebih adalah orang sungguhan atau tidak, keluarga Kerajaan Jepang secara pasti dapat melacak garis keturunannya setidaknya hingga abad ke-6 M melalui Kaisar Kinmei.

Ia merupakan kaisar Jepang pertama yang sejarahnya dapat diverifikasi melalui dokumen. Seperti banyak monarki modern, Kekaisaran Jepang tidak memiliki kekuasaan nyata atas negara dan hanya bersifat simbolis di tingkat negara.

4. Keluarga Kong (Keturunan Konfusius)
Inilah 8 Silsilah Keluarga Tertua di Dunia, Usianya Ribuan Tahun

Tahun Didirikan : c.551 SM

Pendiri : Confucius
Kepala Keluarga Saat Ini : Kong Tsui-chang (Cabang Utara); Kong Xiangkai (Cabang Selatan); Gong
Dae-sik (Cabang di Korea, Klan Gong Qufu)
Negara Asal : China
Pohon Keluarga Kong, atau keturunan Konfusius, memiliki pohon keluarga yang terdokumentasi dengan baik dalam sejarah. Karena alasan ini, dan fakta bahwa Konfusius tidak diragukan lagi adalah orang yang nyata (tidak seperti beberapa leluhur dari pohon keluarga yang lebih tua yang mungkin hanya tokoh-tokoh legendaris), Pohon Keluarga Kong sering dianggap sebagai pohon keluarga tertua yang sebenarnya dalam sejarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)