Jejak Digital Ungkap Pemenggal Guru Prancis Menentang Arab Saudi

Senin, 19 Oktober 2020 - 14:14 WIB
loading...
Jejak Digital Ungkap Pemenggal Guru Prancis Menentang Arab Saudi
Ribuan orang berkumpul di Place de la Republique, Paris, Minggu (18/10/2020), untuk mengenang guru yang dipenggal. Foto/REUTERS/Charles Platiau
A A A
RIYADH - Abdullakh Anzorov, 18, pria etnis Chechnya, Rusia, yang jadi pelaku pemenggalan kepala guru di Prancis diketahui sebagai sosok yang menentang Arab Saudi dan para pemimpinnya. Hal itu terungkap dari jejak digital tweet-nya.

Guru bernama Samuel Paty, 47, dipenggal pelaku saat dalam perjalanan pulang di dekat Paris pada Jumat pekan lalu. Korban diserang di luar sekolahnya di Conflans-Sainte-Honorine. Korban dibunuh setelah memperlihatkan kartun Nabi Muhammad karya majalah Charlie Hebdo sebagai bahan diskusi tentang kebebasan berekspresi di kelas. (Baca: Guru Dipenggal karena Kartun Nabi Muhammad Picu Demo Besar di Prancis )

Beberapa menit setelah pembunuhan itu, Anzorov kemudian mem-posting foto kepala Paty yang dipenggal di akun Twitter-nya @tchetchene_270 yang kemudian ditangguhkan oleh pihak Twitter.

Tak lama setelah mem-posting gambar mengerikan tersebut, polisi Prancis menghadapi Anzorov, menembak dan membunuhnya.

Pada 13 September, Al Arabiya English menerima tangkapan layar dari thread tweet di mana akun yang sama, diidentifikasi oleh polisi Prancis sebagai milik Anzorov. Tangkapan layar itu menunjukkan tweet Anzorov menentang Arab Saudi dan kepemimpinannya, sebelum kemudian menghapus thread tersebut.

“Thread ketidakpercayaan (terhadap) negara Saudi, para pemimpinnya, dan semua orang yang mendukung mereka,” bunyi tweet pertama dari thread panjang di mana Anzorov melampirkan foto Raja Arab Saudi Fahd dengan Ratu Elizabeth II dan Ratu Elizabeth dari Inggris pada tahun 1987 dengan foto kedua ratu terlihat kabur. (Baca: Imbas Guru Dipenggal, Prancis Akan Usir 231 Warga Asing Radikal )

Dengan menggunakan Wayback Machine, alat digital yang mengarsipkan cuplikan dari internet, Al Arabiya English dapat memverifikasi awal thread menggunakan tweet dari tanggapan pengguna lain ke Anzorov, tetapi tidak thread lengkapnya.

“Di antara orang murtad yang dilakukan oleh pemerintah Saudi adalah partisipasinya dalam pendirian berhala yang disembah di luar Allah. Di antara berhala ini, ada: PBB, Unesco, WTO, Dewan Negara-negara Teluk, Liga Dunia Arab," bunyi salah satu tweet dari akun @tchetchene_270.

“Aliansi dengan orang-orang kafir: pengabaian jihad dan aliansi dengan tentara salib kafir melawan Taliban dan melawan Irak, kehadiran pangkalan Amerika di Arab, pesawat tempur mereka membombardir umat Islam serta pengiriman hadiah dan makanan kepada tentara Salib belum lagi minyak yang mereka jual kepada orang-orang kafir ini, aliansi Abdalla tahun 2003 dengan Putin menjanjikan bantuan melawan bandit Chechnya ini, inilah cara dia memperlakukan mujahidin kami dan melarang semua bantuan dan doa di kerajaan untuk Chechnya kami kakak beradik. Setidaknya yang bisa dikatakan tentang keadaan ini adalah bahwa itu adalah pengkhianat dan munafik terhadap Islam," bunyi tiga tweet yang di-posting oleh Anzorov sebagai bagian dari thread-nya.

Menggunakan pencarian lanjutan Twitter dari tweet yang dikirim oleh akun yang diduga digunakan oleh Anzorov pada 13 September, beberapa pengguna twitter menanggapi thread-nya soal Arab Saudi juga. (Baca: Pemenggal Guru karena Kartun Nabi Muhammad Merupakan Kelahiran Chechnya )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)