Tanpa Dihadiri Raja, Bahrain dan Israel Resmikan Hubungan Diplomatik

Senin, 19 Oktober 2020 - 10:49 WIB
loading...
A A A
Namun, normalisasi hubungan negara Yahudi itu dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain telah membuat marah warga Palestina, yang menyebut kesepakatan itu sebagai "tikaman dari belakang" dan mendesak negara-negara Arab untuk mempertahankan persatuan melawan Israel.

Zayani, bagaimanapun, pada hari Minggu menekankan bahwa Bahrain menyerukan negosiasi langsung antara Israel dan Palestina untuk mengakhiri konflik berdasarkan solusi dua negara.

Seperti Israel, baik Manama dan Abu Dhabi memiliki kebijakan luar negeri yang sangat anti-Iran dan Teheran telah mengecam normalisasi tersebut.

Monarki Teluk telah melanggar konsensus Arab selama puluhan tahun bahwa tidak akan ada hubungan dengan negara Yahudi sampai negara itu berdamai dengan Palestina.

Bahrain, tidak seperti UEA, memiliki sejarah politik terbuka dan gerakan masyarakat sipil, meskipun hak-haknya telah dibatasi dalam dekade terakhir.

Dalam tampilan perbedaan pendapat yang jarang terjadi di kerajaan kecil kaya minyak bulan lalu, puluhan orang turun ke jalan di Abu-Saiba, sebuah desa Syiah dekat Manama, untuk memprotes normalisasi tersebut.

Setelah protes Arab Spring pada tahun 2011, monarki Sunni menuduh ribuan pembangkang dari mayoritas Syiah menerima perintah dari Iran.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di depan kabinetnya pada hari Minggu, memuji apa yang disebutnya sebagai "perjanjian perdamaian bersejarah" dengan Bahrain, dan mengatakan: "Saya harap saya segera dapat memberi tahu Anda tentang lebih banyak negara (melakukan normalisasi dengan Israel)."

Netanyahu menegaskan lebih banyak negara Timur Tengah menginginkan hubungan dengan Israel karena prioritas telah bergeser.

Negara-negara sekarang, kata dia, menghargai peluang perdagangan yang menguntungkan di atas posisi pada konflik Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)