China Peringatkan Kanada Tak Beri Suaka pada Demonstran Hong Kong

loading...
China Peringatkan Kanada Tak Beri Suaka pada Demonstran Hong Kong
Duta Besar China untuk Kanada, Cong Peiwu memperingatkan Kanada agar tidak memberikan suaka kepada demonstran Hong Kong. Foto/REUTERS
A+ A-
OTTAWA - Duta Besar China untuk Kanada, Cong Peiwu memperingatkan Kanada agar tidak memberikan suaka kepada demonstran Hong Kong. Dia menuturkan, hal itu dapat membahayakan "kesehatan dan keselamatan" warga Kanada yang tinggal di Hong Kong.

Pernyataan Cong menanggapi laporan bahwa pasangan Hong Kong yang mengambil bagian dalam protes besar dan terkadang kekerasan tahun lalu telah diberikan status pengungsi. (Baca juga: Kanada Minta NATO Lacak Pergerakan China di Laut China Selatan)

Keputusan tersebut membuat kemungkinan warga Hong Kong lainnya akan diberikan perlindungan di Kanada, yang telah muncul sebagai tujuan utama bagi mereka yang melarikan diri dari tindakan keras Beijing.

"Kami sangat mendesak pihak Kanada untuk tidak (untuk) memberikan apa yang disebut suaka politik kepada para penjahat kekerasan di Hong Kong, karena itu adalah campur tangan dalam urusan dalam negeri China dan tentu saja, itu akan memberanikan para penjahat kejam itu," kata Cong, seperti dilansir Channel News Asia pada Jumat (16/10/2020).



"Jadi, jika pihak Kanada benar-benar peduli dengan stabilitas dan kemakmuran di Hong Kong dan benar-benar peduli dengan kesehatan, dan keselamatan 300 ribu pemegang paspor Kanada di Hong Kong, dan sejumlah besar perusahaan Kanada yang beroperasi di Hong Kong, Anda harus mendukung upaya untuk memerangi kejahatan dengan kekerasan," sambungnya.

Merespon hal tersebut, Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Champagne mengatakan bahwa pernyataan Cong sama sekali tidak dapat diterima dan mengganggu. (Baca juga: China-AS Jor-joran Stimulus, Ekonomi RI Ikut Ngegas Tipis-Tipis)

"Saya telah menginstruksikan Urusan Global untuk memanggil duta besar untuk menjelaskan dengan tegas bahwa Kanada akan selalu membela hak asasi manusia dan hak warga Kanada di seluruh dunia," katanya.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top