alexametrics

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia

loading...
Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia
Pada dasarnya universitas Islam seperti universitas lainnya. Dari ribuan universitas di dunia, setidaknya ada 10 universitas Islam paling diincar calon mahasiswa. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
UNIVERSITAS Islam bukan universitas yang menawarkan kursus Islam atau yang khusus untuk umat Islam. Pada dasarnya universitas Islam seperti universitas lainnya, hanya saja mereka memiliki identitas atau piagam Islam atau Muslim. Dari ribuan universitas di dunia, setidaknya 10 universitas ini merupakan universitas Islam paling diincar calon mahasiswa.

1. Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia




Universitas Islam Madinah di Arab Saudi disebut-sebut sebagai kampus Islam terbaik di dunia. Dari mulai fasilitas sampai dengan mencetak pendidiknya, kampus ini tidak dapat lagi dipungkiri kehebatannya.

Kampus favorit ini beralamatkan di Prince Naif bin Abdul Aziz, Al Jamiah, Madinah, Arab Saudi 42351. Hanya berjarak 7 km untuk menuju ke Masjid Nabawi. Universitas ini menjadi salah satu tujuan favorit bagi para penuntut ilmu syar’i dari berbagai penjuru dunia, khususnya Indonesia.

2. Universitas Al-Azhar (Mesir)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Salah satu pusat intelektual yang masyhur di Kairo adalah Universitas al-Azhar. Kampus ini terbentuk sejak masa Dinasti Fatimiyah, yang menguasai Mesir periode tahun 909-1171.

Universitas Al-Azhar adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia dan merupakan universitas pemberi gelar tertua kedua di dunia. Universitas ini berhubungan dengan Masjid Al-Azhar di wilayah Kairo Kuno.

3. Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud (Arab Saudi)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas ini merupakan perguruan tinggi negeri terletak di Riyadh, Arab Saudi yang didirikan pada tahun 1953. Terdiri dari 10 fakultas dan juga institut Islam di beberapa negara dan kota besar, salah satunya di Indonesia.

Sejumlah alumni universitas ini asal Indonesia antara lain almarhum Ali Mustahafa Ya’qub (mantan Imam besar Masjid Istiqlal), Idris Abdul Shomad (Wakil Wali Kota Depok 2011-2016), dan Yunahar Ilyas (mantan ketua MUI).

4. Universitas Al-Qarawiyyin (Maroko)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas Al-Qarawiyyin adalah universitas pertama di dunia yang berlokasi di Fes, Maroko. Universitas ini telah menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim.

Al-Qarawiyyin memainkan peran utama dalam hubungan budaya dan akademis antara dunia Islam dan Eropa pada abad Pertengahan. Universitas ini telah menghasilkan banyak sarjana yang sudah sangat mempengaruhi sejarah intelektual dan akademik dunia Muslim dan Yahudi

5. Universitas Internasional Afrika (Sudan)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas yang beralamatkan Madani St, Al Khurtum 12223, Sudan ini tercatat sebagai universitas swasta terbaik yang telah mendidik mahasiswa asing dari 70 negara. Mahasiswanya juga sudah banyak mengukir prestasi di berbagai bidang.

Sejak berdiri pada 1966 hingga saat ini, Universitas Internasional Afrika sudah memiliki hampir 16 fakultas, baik di dalam negeri maupun di luar Sudan. Sejak 2010, Sudan menjadi destinasi baru mahasiswa dunia dalam belajar keislaman, khususnya dalam belajar bahasa Arab.

6. Universitas Baghdad (Irak)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas Baghdad adalah sebuah universitas terbesar di Irak dan terbesar kedua di dunia Arab. Selama perang Irak, universitas ini mengalami kerusakan besar, hingga 90% mahasiswanya keluar dari universitas ini. Universitas ini didirikan di Kota Baghdad Irak pada 1957.

7. Universitas Islam Internasional Islamabad (Pakistan)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas Islam Internasional Islamabad lebih populer dengan nama IIU adalah sebuah perguruan tinggi riset negeri yang terletak di kawasan perkotaan Islamabad. Universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi terkemuka untuk mempelajari Islam, teologi, perbandingan agama, dan ilmu agama Islam.

Universitas ini berdiri pada 11 November 1980, dengan nama Universitas Islam. Kemudian universitas direstrukturisasi, reorganisasi dan direkonstitusi sebagai Universitas Islam Internasional oleh Presiden Republik Islam Pakistan pada Maret 1985.

8. Universitas King Saud Riyadh (Arab Saudi)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas Raja Saud adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Arab Saudi di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi yang didirikan pada 1957 oleh Raja Saud bin Abdul Aziz dengan nama Universitas Riyadh. Merupakan universitas pertama di Arab Saudi yang didedikasikan untuk perkuliahan non-agama.

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, King Saud University berada diperingkat 253 dengan score 44.7 di dunia. Terdapat program bahasa, Fakultas Sains, Fakultas Kesehatan, Fakultas Humaniora. Terletak di Riyadh, Arab Saudi.

9. Aligarh Muslim University (India)

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Terletak tidak jauh dari hiruk pikuk Taj Mahal, Aligarh dikenal sebagai universitas Islam tertua di Asia Selatan. Kampusnya terletak di Aligarh, negara bagian Uttar Pradesh, India.

Kota ini berjarak 3 jam perjalanan dari Agra dan 4 jam dari New Delhi dengan arah yang berbeda. Kampus ini menggabungkan nilai tradisional India, muslim dengan sistem pendidikan Inggris.

10. Universitas Sains dan Teknologi Yordania

Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia



Universitas Sains dan Teknologi Jordan sering disingkat JUST adalah universitas komprehensif yang terletak di pinggiran Irbid di Ar Ramtha, Yordania utara. Sejak didirikan pada 1986, JUST telah berada di garis depan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di dunia Arab.

Universitas ini digambarkan sebagai lembaga ilmiah terbaik di kerajaan oleh Raja Abdullah saat mengunjungi universitas tersebut pada November 2010. Saat ini, universitas terdiri dari 12 fakultas dan 55 jurusan.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak