Pemuda Turun ke Jalan Protes Kebrutalan Polisi, Kota di Nigeria Lumpuh

Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:17 WIB
loading...
A A A
Pemicu protes adalah dukungan profil tinggi dari beberapa bintang terbesar Afrika yang sebelumnya dianggap menjauhi politik.

Musisi Davido berada di garis depan aksi protes di Abuja sementara bintang Afropop Wizkid muncul pada pertemuan di depan kedutaan Nigeria di London.(Baca juga: Pembunuhan Terhadap Penyanyi Ethiopia Picu Aksi Protes )

"Itu penting," kata jurnalis musik Oris Aigbokhaevbolo kepada AFP.

"Ada rasa lapar bagi musisi pop untuk mengambil alih kepemimpinan di negara ini, terutama di selatan di mana bintang Afropop adalah tokoh paling populer di seluruh kelas sosial," jelasnya.

Rapper Amerika Kanye West juga bergabung pada hari Senin, men-tweet bahwa dia berdiri bersama "saudara laki-laki dan perempuan Nigeria untuk mengakhiri kebrutalan polisi."

Ketika aksi protes memasuki minggu kedua dimulai dan pemerintah membuat pengumuman baru, banyak yang bertanya-tanya berapa lama gerakan itu akan bertahan.

"Kami akan beristirahat saat mendapatkan hasil. Kami akan beristirahat saat mendapatkan Nigeria yang lebih baik. Kami akan beristirahat saat kebrutalan polisi benar-benar hilang," jawab Izato.

Masih banyak ketidakpastian seputar nasib petugas yang diduga atau dituduh melakukan pelanggaran HAM dan bentuk satuan kepolisian yang akan menggantikan SARS.

"Kami akan terus memantau apa yang terjadi dan melaporkan jika orang-orang dilecehkan atau ketidakadilan dilakukan," kata Obong.

"Saya pikir itu akan menjadi gaya hidup sekarang," tukasnya.(Baca juga: Demonstran Tolak Afrika Jadi Tempat Percobaan Calon Vaksin Covid-19 )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)