Pemimpin Oposisi Ultimatum Presiden Belarusia

Rabu, 14 Oktober 2020 - 04:33 WIB
loading...
A A A
Secara terpisah, Sergei Dylevsky, anggota terakhir dari Dewan Koordinasi oposisi yang masih berada di Belarusia, telah meninggalkan negara itu dan sekarang berada di Warsawa, kata kelompok itu.

Sekutu Tikhanovskaya telah membentuk Dewan Koordinasi untuk mengawasi upaya transisi kekuasaan secara damai dari Lukashenko.

Anggotanya termasuk penulis pemenang Hadiah Nobel dan kritikus vokal Lukashenko, Svetlana Alexievich, yang telah meninggalkan Belarusia untuk perawatan di Jerman.

Aksi protes yang belum pernah terjadi sebelumnya di Belarusia pecah setelah Lukashenko mengklaim kemenangan dalam pemilu Agustus lalu atas Tikhanovskaya, seorang pemula politik berusia 38 tahun yang suaminya Sergei Tikhanovsky berencana untuk menantang Lukashenko dalam pemilihan tetapi kemudian dipenjara.

Selama beberapa minggu terakhir polisi anti huru hara Belarusia menahan ribuan demonstran yang telah melaporkan penyiksaan dan pelecehan di dalam tahanan, yang memicu kecaman internasional dan sanksi Barat. Beberapa orang tewas dalam tindakan keras itu.

Pada hari Senin, mantan menteri dalam negeri negara Soviet mengancam akan menembaki pengunjuk rasa, menandai peningkatan besar dalam kebuntuan dua bulan antara Lukashenko dan demonstran.(Baca juga: Presiden Belarusia Temui Para Pemimpin Oposisi di Penjara )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)