Virus Corona Sapu Madrid, Spanyol Pertimbangkan Keadaan Darurat

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 16:08 WIB
loading...
Virus Corona Sapu Madrid, Spanyol Pertimbangkan Keadaan Darurat
Spanyol mempertimbangkan berlakukan keadaan darurat setelah virus Corona mewabah di Ibu Kota Madrid. Foto/Mainichi
A A A
MADRID - Virus Corona yang mewabah di Ibu Kota Madrid membuat pemerintah Spanyol mempertimbangkan keadaan darurat untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat.

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, mengadakan pertemuan Kabinet darurat pada Jumat (9/10/2020) pagi untuk mempertimbangkan pernyataan keadaan darurat bagi Madrid dan wilayah sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk memberlakukan pembatasan anti-virus yang lebih ketat pada gubernur daerah yang enggan melakukannya.

Pertemuan itu terjadi sehari setelah pengadilan Madrid membatalkan perintah pemerintah nasional yang memberlakukan penguncian sebagian di ibu kota Spanyol dan wilayah sekitarnya. Keputusan itu memihak pejabat regional yang telah mengajukan banding atas penerapan tindakan yang lebih ketat terhadap salah satu kelompok virus paling mengkhawatirkan di Eropa.(Baca juga: Pandemi Virus Corona Memburuk, Prancis Lockdown Paris )

Para hakim mengatakan bahwa pembatasan perjalanan masuk dan keluar kota mungkin diperlukan untuk melawan penyebaran virus Corona, tetapi di bawah kerangka hukum saat ini mereka melanggar "hak-hak dasar" penduduk.

Dikutip dari AP, pemerintah Spanyola pada Kamis malam mengatakan bahwa Sanchez telah berbicara melalui telepon dengan kepala daerah Madrid Isabel Diaz Ayuso dan memberinya ultimatum. Sanchez memberi tahu Ayuso bahwa jika dia tidak segera memperketat tindakan atau membuat permintaan resmi kepada pemerintah nasionalnya untuk mengumumkan keadaan darurat, maka pemerintahnya akan tetap melanjutkan dan menyatakannya.

Keadaan darurat memberi pemerintah nasional kekuasaan yang luar biasa pada saat krisis untuk sementara waktu membatasi hak konstitusional warga negara. Dalam kasus ini, kebebasan bergerak mereka akan dibatasi dengan memulai kembali kontrol perimeter di Madrid dan beberapa kota terdekat yang juga mencatat tingkat penularan tinggi.

Keadaan darurat nasional yang jauh lebih ketat yang dimulai dengan pengurungan di rumah telah diterapkan oleh pemerintah dari Maret hingga Juni dan berhasil mengendalikan gelombang pertama virus penyebab Covid-19 di Spanyol. Sejak berakhirnya gelombang pertama, sejumlah daerah telah mendapatkan kembali kendali atas kebijakan kesehatan dan respon mereka dalam pengendalian wabah bervariasi. Beberapa telah menerapkan penguncian perimeter di sekitar area atau kota dengan kelompok virus.

Wilayah Madrid memiliki tingkat infeksi 14 hari dari 591 kasus virus Corona per 100.000 penduduk, lebih dari dua kali lipat rata-rata nasional Spanyol yang tercatat 257 dan lima kali lipat tingkat rata-rata Eropa yang berada di angka 113 untuk pekan yang terakhir bulan September.(Baca juga: Virus Corona Merajalela, Lebanon Lockdown 111 Kota )

Perselisihan antara pemerintah yang dipimpin kelompok konservatif di Madrid dan Sanchez, pemimpin Partai Sosialis, telah membuat marah banyak warga Spanyol yang menganggap remeh pandemi dan menggunakan tragedi kesehatan masyarakat untuk pertempuran politik.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)