Trump Sebut COVID-19 Buatan Lab China, Jenderal AS: Kami Tidak Tahu

Rabu, 06 Mei 2020 - 07:34 WIB
loading...
Trump Sebut COVID-19 Buatan Lab China, Jenderal AS: Kami Tidak Tahu
Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley. Foto/Straits Times
A A A
WASHINGTON - Tuduhan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa virus Corona baru, COVID-19, berasal dari laboratorium virologi China terus menuai bantahan, bahkan dari dalam negerinya sendiri. Terbaru, petinggi militer AS mengaku tidak tahu apakah benar virus mematikan tersebut berasal dari laboratorium milik China.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley mengatakan, masih belum diketahui apakah virus Corona baru muncul di pasar hewan liar China, sebuah laboratorium atau lokasi lain. Meski begitu, ia menegaskan kembali pandangan AS bahwa virus itu mungkin bukan buatan manusia.

"Apakah (virus) itu keluar dari laboratorium virologi di Wuhan? Apakah itu terjadi di pasar basah di Wuhan? Apakah itu terjadi di tempat lain? Dan jawabannya adalah: Kita tidak tahu," kata Milley pada konferensi pers, menambahkan bahwa pemerintah AS sedang menyelidikinya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/5/2020).

Pernyataan Milley ini tentu saja berbeda dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Presiden AS Donald Trump pada akhir April lalu bahwa ia telah melihat bukti yang meyakinkan bahwa virus Corona berasal dari Institut Virologi (WIV) Wuhan China. Namun, ia tidak mau menunjukkan bukti yang dimaksud. (Baca: Trump Keukeuh Sebut COVID-19 Berasal dari Laboratorium Wuhan )

Pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan dia telah melihat "bukti besar" yang mendukung teori tersebut, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. (Baca: Menlu AS Pompeo: Bukti Sangat Besar COVID-19 dari Laboratorium China )

China sendiri telah menolak tuduhan bahwa mereka salah menangani wabah atau bahwa WIV terlibat dalam pandemi. China menyatakan bahwa kritik internasional hanya menyebarkan propaganda untuk mengalihkan perhatian dari kesalahan negara mereka sendiri selama pandemi.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)